5 Jenis Makanan Berikut Beresiko Batu Ginjal

Ilustrasi. Foto: Dok

MANUSIA yang hidup di zaman modern rentan menderita batu ginjal. Penyakit ini sebenarnya dapat dicegah dengan menghindari jenis makanan tertentu.

Karena orang jarang sekali menyadari jika pola makannya terganggu. Terkadang, menunya juga tidak menyehatkan untuk dikonsumsi.

Kalau sudah terlanjur kena batu ginjal akan berat pengobatannya. Karena itu, Anda harus pintar mengatur dan menjaga pola makan dengan tepat. Hal itu harus dilakukan supaya tidak merugikan diri sendiri.

Berikut lima makanan yang harus dihindari supaya Anda tidak terancam dengan penyakit batu ginjal. Simak ulasannya, dilansir Boldsky, Sabtu (10/2/2018).

Kopi

Minuman berkafein seperti kopi harusnya tidak boleh diminum berlebihan. Karena kopi menyebabkan Anda dehidrasi, sehingga ginjal rentan kekurangan cairan. Ada sifat diuretik dari minuman ini. Sehingga, dampaknya membuat Anda ingin selalu buang air kecil, tanpa ada tambahan minum yang cukup.

Makanan serba asin

Asupan makanan yang mengandung tinggi sodium juga harus dihindari. Seperti makanan kalengan, keripik kemasan yang asin dan gurih. Makanan tersebut juga cenderung membuat Anda cepat haus. Kalau keinginan minum tidak dipenuhi, dampaknya bikin Anda dehidrasi dan mudah alami batu ginjal.

Makanan yang berlebihan protein

Makanan kaya protein seperti daging dan ikan harus dikonsumsi tapi dalam jumlah sedang. Penting dicatat, Anda juga harus mengonsumsi daging tanpa lemak, lalu dimasak sangat sedikit minyak atau hanya direbus. Hindari tambahan bumbu pedas saat mengonsumsinya. Kalau tidak, dampaknya membuat Anda rentan menderita batu ginjal.


Makanan yang mengandung lemak

Jangan terlalu sering konsumsi makanan dengan tinggi lemak jenuh. Karena selain mengendap di lingkar perut, juga bisa menyebar di ginjal. Makanan tinggi lemak tersebut sulit dicerna usus dengan baik. Sehingga, dampaknya bisa menurunkan fungsi ginjal yang berbahaya.


Makanan tinggi oksalat

Selain harus menghindari makanan dengan tinggi sodium, Anda juga harus mengurangi makanan tinggi oksalat. Makanan tersebut seperti tomat, ubi jalar, hingga sayur bayam.

Jangan konsumsi makanan itu dalam jumlah berlebihan, lalu dimasak sampai matang. Kandungan nutrisi baiknya akan hilang, sehingga tidak bermanfaat. (*)

 

Tulis Komentar Anda