Gaya Hidup Agregasi    Sabtu, 10 Februari 2018 / 02:48 WIB

8 Makanan Ini Mampu Gantikan Kopi dan Rokok untuk Meningkatkan Mood

SECANGKIR kopi memang sangat menggoda dan bikin semangat lagi saat kelelahan di jam-jam kerja. Namun, bila dikonsumsi efeknya tidak bertahan lama.

Saat Anda lelah, lalu minum kopi mungkin akan tergoda untuk menghisap rokok. Sebab rokok dan kopi sudah identik sebagai pasangan serasi yang sempurna untuk dinikmati secara bersamaan. Namun ingat, keduanya sangat membahayakan kesehatan.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Jaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan dengan Konsumsi 6 Sumber Vitamin B4 Ini
Oleh sebab itu, beralihlah dari rokok dan kopi sebagai asupan penambah energi dan meningkatkan mood di kala sedang suntuk dan letih. Melansir dari Thesun, Jumat (9/2/2018), berikut 8 makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan mood dan menambah energi agar Anda berstamina hingga malam.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu makanan yang menyediakan energi terbaik. Kandungan lemak pada alpukat yang sangat tinggi membantu meningkatkan aliran darah ke otak, membantu Anda tetap konsentrasi. Tubuh manusia membutuhkan karbohidrat, lemak dan protein untuk mengcegah kelelahan. Buat roti bakar, smoothie atau dari salad buah dengan alpukat. Nustrisinya akan memberi energi yang menakjubkan.

Kacang macadamia

Kacang ini tergolong jenis kacang yang mahal. Kacang ini tumbuh di Australia dan mulai dibudidayakan di Indonesia. Kacang macadamia adalah sumber energi untuk meningkatkan terkonsentrasi dan mengandung semua nutrisi, seperti protein, karbohidrat dan lemak. Segenggam kacang menyimpan sekira 160 sampai 200 kalori per kacang.

Blueberry

Blueberry sangat lezat dan energi. Blueberry adalah sumber mangan yang membantu mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi. Studi juga menunjukkan blueberry dapat mencegah hilangnya ingatan dan penurunan kognitif.

Apel

Murah dan tersedia hampir di semua tempat, apel memberikan fruktosa dosis yang baik, terdapat pula kandungan gula di dalamnya. Fruktosa adalah sumber energi yang disukai tubuh sehingga akan memberikan pasokan energi yang baik sepanjang hari.

Matcha

Terbuat dari daun teh yang telah digiling, matcha menjadi alternatif kopi yang bagus karena diserap secara perlahan, memberi dorongan energi berkelanjutan daripada lonjakan energi.

Biji-bijian

Aneka biji-bijian, seperti beras merah, gandum, dan kacang hijau yang telah direndam dan dibiarkan berkecambah. Ketika dikonsumsi, nutrisinya mudah diserap oleh tubuh dan memberi energi.

Dark chocolate

Ini adalah penambah energi alami seperti kafein dan juga meningkatkan endorfin untuk membantu memberi Anda pilihan cepat. Aturan mengkonsumsi dark chocolate adalah lebih banyak persentase kakao dan sedikit gula, sehingga lebih banyak energi didapat.

Kale

Kale adalah sumber zat besi nabati dan dijuluki sebagai sumber nutrisi penuh. Ini adalah suatu keharusan bagi vegetarian dan vegan yang secara keseluruhan gagal mendapatkan cukup zat besi di makanan mereka konsumsi sehingga menyebabkan kelelahan berkala. (*)