Gaya Hidup Agregasi    Sabtu, 10 Februari 2018 / 04:44 WIB

Diet Sesuai Golongan Darah? Begini Caranya

DIET adalah sesuatu yang sangat digemari sekarang ini. Saking diminatinya, ada banyak variasi dan alternatif yang digunakan demi mendapatkan tubuh yang ideal dengan cara diet.

Berikut ini merupakan salah satu cara yang ditujukan bukan hanya untuk mendapatkan berat badan yang ideal, tapi juga mempertahankannya dengan menerapkan diet sesuai dengan golongan darah: 

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

1. Untuk darah tipe O

Untuk golongan darah tersebut, diet Anda harus kaya protein seperti mengonsumsi ikan, unggas, daging tanpa lemak, sayuran, biji-bijian, susu, dan kacang-kacangan. Banyak mengonsumsi sayur berdaun hijau selama proses diet juga penting untuk orang dengan golongan darah O.

2. Untuk darah tipe A

Orang dengan tipe darah ini biasanya memiliki sistem kekebalan yang sensitif. Maka dari itu, dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung daging dan pilihlah makanan organik seperti buah, sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian. Karena makanan yang segar dan sehat akan membantu meningkatkan imunitas Anda.

3. Untuk darah tipe B

Untuk kategori ini, sayuran hijau, telur dan susu rendah lemak sangat dianjurkan. Orang dengan golongan darah B harus menghindari konsumsi jagung, lentil, tomat, soba, kacang tanah dan biji wijen, karena memiliki metabolisme yang buruk.Makanan tersebut dapat memengaruhi proses metabolisme yang dapat mengakibatkan kelelahan, hipoglikemia (penurunan gula darah yang parah setelah mengonsumsi suatu makanan) dan retensi cairan.

4. Untuk darah tipe AB

Untuk golongan darah ini, Anda harus fokus untuk mengonsumsi tahu, sayuran hijau, makanan laut dan produk yang mengandung susu. Orang dengan kategori ini cenderung memiliki asam lambung rendah. Maka dari itu, sebaiknya hentikan kebiasaan mengonsumsi kafein, alkohol, merokok dan produk olahan daging.

Dengan mengetahui makanan mana yang harus Anda konsumsi, tidak hanya akan membuat tubuh Anda menjadi ideal. Hal itu juga akan membantu Anda mencegah penyakit tertentu.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada orang dewasa yang mengubah diet mereka menjadi sesuai dengan golongan darah, hasilnya menunjukkan peningkatan yang luar biasa dalam kesehatan mereka. Tapi di tahun 2013, sebuah penelitian meengungkapkan, tidak ada bukti yang mendukung bahwa mengonsumsi makanan sesuai dengan golongan darah dapat memberikan keuntungan signifikan untuk seseorang.

Selain membatasi konsumsi makanan, Anda juga harus berolahraga. Dengan begitu tubuh Anda akan tetap aktif dan energik. Hal itu juga akan membantu menghilangkan lemak tidak sehat, menjaga berat badan agar tetap stabil dan mencegah otot agar tidak melemah. Demikian seperti yang dilansir timesofindia, Jumat (9/2/2018). (*)