Nama Calon Pengganti Budi Waseso Masih 'Disimpan' Polri

Kepala BNN Budi Waseso. (Foto:Polri)

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, belum ada nama calon Kepala BNN yang muncul di kalangan internal Polri.

"Sampai sekarang di internal belum ada, kalau sudah ada, beredar di luar. Tapi secara resmi belum kita sampaikan namanya," ujar Martinus dalam keterangannya, Jumat (9/2/2018).

Martinus menegaskan, Polri belum mengajukan rekomendasi nama personel pengganti Budi Waseso yang akan segera masuki masa pensiun. Polri memahami kebutuhan akan calon pemimpin BNN ini karena berkaitan erat dengan tugas-tugas Polri. Kendati demikian, kewenangan sepenuhnya tetap diserahkan kepada Presiden.

"Untuk penetapan sendiri bukan dalam ranah Polri. Itu adalah otoritas dan merupakan kewenangan dari bapak presiden," jelas Martinus.

Kriteria yang harus dipenuhi calon kepala BNN kelak setidaknya adalah perwira tinggi Polri bintang dua.

"Minimal itu bintang dua ya, jabatan kepala BNN itu yang kemudian bisa promosi jadi bintang 3," tutur Martinus.

Dia menambahkan, seluruh perwira tinggi Polri yang memiliki pangkat inspektur jenderal bintang dua hingga komisaris jenderal polisi berpeluang menjadi kepala BNN.Namun, pihaknya memastikan bahwa rekomendasi calon kepala BNN akan diserahkan sebelum Budi Waseso purna tugas tertanggal 1 April.(*)

Tulis Komentar Anda