Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Jumat, 09 Februari 2018 / 23:10 WIB

SD Al Azhar Yogya 'Sister School' ke Malaysia

YOGYA, KRJOGJA.com - Sebanyak 36 siswa kelas V SD Islam Al Azhar (IA) 31 Yogyakarta didampingi guru akan mengunjungi tiga Sekolah Kebangsaan (SK) di Malaysia dalam program sister school, 11-14 Februari 2018. Ketiga sekolah itu adalah SK Rambai Tujuh Perak, SK Syeikh Mohd Idris Al Marbawi Perak dan SK Paya Salak Perak. Program ini difasilitasi oleh President of Volunteers for ICT Model School Network APEC di Indonesia, Nurdin Somantro Wahyudi.

Koordinator Program Billingual SD IA 31, Poppy Yulia Stefani Alfisyahri didampingi Wakil Kepala Sekolah Sinta Herlina mengatakan, kegiatan sister school diawali penandatanganan kerja sama antara SD IA 31 Yogya dengan sekolah-sekolah tersebut. Setelah itu diadakan kompetisi internasional seperti lomba story telling, scrabble, melukis dan woodball. Siswa Al Azhar akan menampilkan budaya Indonesia yakni Tari Tradisional Aceh 'Ratoeh Jaroe', Tarian Legenda 'Candi 1.000' dan permainan biola.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Para siswa akan diajak merasakan suasana belajar di sekolah Malaysia, berinteraksi dengan guru dan siswa setempat. Tak hanya itu, siswa SD IA 31 juga akan diajak merasakan kehidupan sehari-sehari masyarakat Malaysia dengan tinggal (bermalam) bersama keluarga siswa Malaysia. "Induk semang (keluarga) yang akan ditempati dipilih yang memenuhi kriteria, tidak sembarangan," terang Poppy kepada KRjogja.com di Kampus Al Azhar Yogyakarta, Jumat (9/2/2018).

Kepala SD IA 31 Yogya Danar Kusuma SPd mengatakan, program sister school sesuai dengan visi sekolah yaitu guru berdaya dan siswa berjaya. Tujuannya untuk membuka wawasan siswa, menghargai budaya bangsa lain serta menambah penguasaan Bahasa Inggris. Tahun depan gantian SD IA 31 yang menerima kedatangan tamu dari Malaysia dengan penyambutan yang sama. Inilah yang dinamakan program sister school adanya interaksi, kerja sama dan perkembangan kebudayaan antarnegara.

"Semoga tahun berikutnya akan merambah dan menjalin kerja sama dengan negara-negara lain, sehingga siswa kami semakin berwawasan global," katanya. Bagi SD IA 31 Yogya, tahun ini adalah tahun prestasi diawali dengan mendapatkan nilai sempurna 96 untuk akreditasi dan prestasi prestasi nasional lainnya.  (Dev)