Adik Kim Jong-un Tiba di Korsel

KORSEL, KRJOGJA.com - Adik pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di Korea Selatan untuk menghadiri pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Jumat (09/02/2018). Kim Yo-jong mendarat di Bandara Internasional Incheon dengan pesawat jet pribadi bersama 22 anggota rombongan, termasuk Presiden Presidium Majelis Rakyat Korut, Kim Yong Nam.

Pesawat jet Ilyushin-62 berwarna putih ditandai dengan tulisan Korea "Republik Rakyat Demokratik Korea", nama resmi Korut. Ekor pesawat dihiasi lambang Korut.  Pemimpin Korut terdahulu, Kim Jong Il diduga takut terbang, sehingga selalu menggunakan kereta api saat berkunjung ke sekutu sekaligus tetangganya, China. Kakek Kim Yo-jong, Kim Il Sung, pendiri Korea Utara, juga disebut-sebut lebih suka menggunakan kereta api.

Kim Yo-jong diyakini berusia 30-an tahun, adalah anggota keluarga penguasa Korea Utara pertama yang mengunjungi Korea Selatan. Dia memainkan peran penting dalam pemerintahan sang kakak, dan dinilai menjadi ajudannya yang paling dipercaya.

Sebelum Kim Yo-jong, keluarga Kim yang menapakkan kaki ke Seoul adalah kakeknya, Kim Il Sung. Pendiri Korea Utara itu menginjakkan kaki ke Seoul setelah pasukannya menginvasi wilayah tersebut pada 1950 dan ibu kota jatuh ke tangan Korut. Anggota keluarga pemimpin Korut dikenal sebagai "garis darah Paektu". Dinamai seperti puncak gunung tertinggi di Korut, dan disebut-sebut sebagai tempat kelahiran ayah Kim Yo-jong, Kim Jong Il. (*)

Tulis Komentar Anda