Kim Jong-un akan Kunjungi Korsel

KORUT, KRJOGJA.com - Sejumlah sumber diplomat mengatakan ada kemungkinan "kesempatan bagus" bagi Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, mengundang Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ke Pyongyang.

Sumber yang memiliki pengetahuan mendalam soal Korut itu mengatakan Kim kemungkinan menyampaikan undangannya kepada Moon saat jamuan makan siang antara keduanya di sela Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang. Gelaran makan siang bersama itu akan dihadiri Moon, Kim, dan sejumlah delegasi dari kedua negara.

Kemungkinan Moon akan berkunjung ke negara terisolasi itu pada 15 Agustus mendatang, bertepatan dengan hari kemerdekaan Korea dari penjajahan Jepang. Hari tersebut dikukuhkan sebagai hari libur nasional bagi kedua Korea.

Jika benar terjadi, kunjungan Moon ke Pyongyang akan menjadi lawatan pertama presiden Korsel ke Korut sejak era Presiden Roh Moo-hyun 2007 lalu. Meski begitu, sumber diplomat itu mengatakan "belum ada yang pasti" perihal undangan tersebut.

Sementara itu, juru bicara kantor kepresidenan Korsel telah mengonfirmasi jamuan makan siang Moon dan Kim Yo Jong, namun tak menanggapi kabar mengenai undangan ke Pyongyang itu. (*)

Tulis Komentar Anda