Empat Belas Parpol Lolos Verifikasi

Penyerahan hasil verifikasi parpol calon peserta Pemilu 2019 oleh KPU Boyolali. (Foto : Galih Prasojo)

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Dari 16 partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 di tingkat nasional, hanya 14 parpol saja yang dinyatakan sudah lolos persyaratan untuk mengikuti tahapan selanjutnya sebagai parpol peserta Pemilu di Boyolali.

Dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 di Boyolali, Kamis (08/02/2018), dua parpol yang dipastikan tak mengikuti tahapan selanjutnya yakni Hanura dan PKPI. Komisioner KPU Boyolali, Ali Fachrudin mengatakan, Hanura sedari awal memang tak mengikuti tahapan sebagai parpol calon peserta Pemilu 2019 di Boyolali.

Sementara PKPI dinilai tak memenuhi syarat kepengurusan dan keanggotaan. Dalam verifikasi faktual untuk jumlah anggota yang disyaratkan satu per seribu dari jumlah penduduk Boyolali, dari sekitar 90 anggota yang mesti diverifikasi faktual, PKPI hanya menghadirkan 10 anggota saja. Sementara untuk kepengurusan, sekretaris PKPI juga tak bisa hadir untuk diverifikasi.

"Tanggal enam kemarin kita tunggu untuk melakukan perbaikan dan melengkapi kekurangan namun tak dipenuhi. Setelah kita rekap semua berkas, kita simpulkan PKPI tak memenuhi persyaratan," kata Ali.

Dengan demikian, pintu PKPI untuk mengikuti Pemilu 2019 di Boyolali sudah tertutup sebab tahapannya di Boyolali sudah selesai. "Nanti kita kirimkan berkas ini untuk diverifikasi di tingkat provinsi dan selanjutnya di tingkat pusat. Penetapan parpol yang akan mengikuti Pemilu 2019 akan diumumkan tanggal 17 Februari besok," tambahnya lagi.

Komisioner KPU Boyolali lainnya, Pargito menambahkan, karena Hanura tak mengikuti tahapan dan PKPI tak memenuhi syarat, jumlah calon peserta Pemilu 2019 di Boyolali saat ini sebanyak 14 parpol, dimana empat parpol adalah muka baru, yakni Perindo, PSI, Partai Garuda, dan Partai Berkarya. "Kalau parpol tak menggunakan haknya ya kita hormati," tandasnya. (Gal)

Tulis Komentar Anda