Gaya Hidup Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 08 Februari 2018 / 12:59 WIB

Mitsubishi Xpander Diekspor Ke Pilipina

JAKARTA, KRJOGJA.com - Produk terbaru PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang berada di kawasan pabrik baru Cikarang Jabar, Mitsubishi Xpander tidak hanya akan dipasarkan di dalam negeri. Tetapi juga akan diekspor ke negara luar. 

Rencananya, pada Mei 2018, perusahaan patungan Jepang Indonesia ini akan mengapalkan untuk pertama kali ke Pilipina. Kepada media yang diajak berkunjung ke pabrik MMKI Cikarang, Rabu (7/2/208), Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), Takao Kato, menjelaskan setelah ekspor perdana Xpander ke Pilipina tersebut, pengapalan berikutnya akan ditujukan ke Thailand dan negara ASEAN lainnya.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Mitsubishi Filipina sendiri diketahui sudah membuka inden Xpander sejak 24 Januari-30 April. Guna memenuhi ekspor tersebut, PT MMKI  sudah meningkatkan  produksi Xpander menjadi 9.000-10.000 unit mulai Februari ini, dengan 25 persen di antaranya untuk pasar luar negeri, khususnya Asia Tenggara.

"Eskpor keThailand akan dimulai pada musim panas ini antara Juni-September. Tapi tanggal dan bulan pastinya belum diputuskan. Selanjutnya akan dilempar ke pasar Afrika utamanya Mesir dan negara-negara Amerika Latin seperti Bolivia," ujar Kato. 

Xpander diluncurkan secara global pertama kali di Indonesia pada pameran mobil internasional di GIIAS Tangerang Agustus tahun lalu. Mulai awal  2018 harganya naik Rp3 juta hingga menjadi Rp192,05-248,35 juta on the road (0TR) di Jakarta. 

Pabrik PT MMKI di Cikarang memiliki kapasitas produksi sebanyak 80 ribu unit per tahun, dengan 20 ribu unit di antaranya untuk ekspor. Namun, dengan kondisi pabrik yang baru dibuka pada April 2017, perakitan serta distribusi Xpander di Indonesia sejak awal diproduksi pada September sampai Desember lalu belum maksimal, sehingga wholesales baru sekitar 13.000 unit. Sementara jumlah inden sudah mencapai lebih dari 50 ribu unit. (Fon)