Peristiwa Editor : Ivan Aditya Kamis, 08 Februari 2018 / 04:18 WIB

Adik Kim Jong-un Akan Hadiri Olimpiade Korsel

KORUT, KRJOGJA.com - Kim Yo-jong, adik pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, akan menginjakkan kaki di Korea Selatan untuk pertama kalinya dalam rangka Olimpiade Musim Dingin. Kementerian Unifikasi Korsel memastikan setelah mendapatkan notifikasi dari Pyongyang bahwa Yo-jong bakal mendampingi Kim Yong-nam, kepala negara seremonial yang akan tiba di Korsel.

Kedua pejabat tinggi itu akan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang pada Jumat (09/02/2018) mendatang, ketika atlet Korut dan Korsel akan berarak di bawah satu bendera. Ini merupakan kali pertama Korut mengirimkan dua pejabat tingginya ke Korsel. Yo-jong sendiri merupakan salah satu pejabat tinggi yang sangat dekat dengan Jong-un.

Lahir pada 1987, Yo-jong disebut-sebut selalu mengikuti jejak abangnya, termasuk saat menuntut ilmu di Berne, Swiss. Yo-jong dilaporkan menikah dengan Choe-Ryong-hae, sekretaris partai berkuasa di Korut yang memiliki pengaruh kuat di negaranya.

Sejak Jong-un mewarisi takhta Kim Jong-il, Yo-jong memegang peran penting untuk melindungi citra abangnya melalui perannya dalam departemen propaganda partai berkuasa. Hingga akhirnya, Yo-jong diangkat menjadi anggota senior Politbiro Partai Pekerja Korut, badan negara yang memegang peran sentral dalam pemerintahan Korut. (*)