Jembatan Tanggulangin III Siap Dibangun

Pemerintah pusat mempersiapkan pembangunan jembatan baru Tanggulangin III di perbatasan Kudus - Demak. (Foto : M Thoriq)

KUDUS, KRJOGJA.com - Pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan Jembatan Kolonel Sunandar C (Jembatan Tanggulangin III) dan jalan pendekat (pile slab) di kawasan perbatasan Kudus- Demak. Pekerjaan proyek jembatan baru di sebelah barat jembatan lama, dilaksanakan PT Duta Mas Indah, dengan masa kerja 540 hari hingga Juni 2019. Proyek multiyears tersebut menelan dana total Rp 115,55 miliar.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Karangsawah dan  Jembatan Kolonel Sunandar Cs, Alik Mustaqim mengatakan, persiapan pembangunan sarana Jembatan Tanggulangin yang melintas di atas Sungai Wulan sudah dilakukan. Sesuai Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK), pelaksanaan seharusnya sudah dimulai 21 Desember 2017.

Menurutnya, pembangunan jembatan baru tidak akan banyak mengganggu arus lalulintas di jalur pantura, penghubung Semarang - Surabaya. “Jembatan lama akan dibongkar setelah jembatan baru jalur Semarang - Kudus difungsikan,” ujarnya, Rabu (07/02/2018).

Di kawasan itu saat ini sudah ada dua jembatan penghubung, satu di sisi timur arah Kudus- Semarang menggunakan rangka dan sebelah barat atau sisi kiri dari arah Demak menuju Kudus merupakan bangunan lama tanpa rangka.

Pembangunan jembatan baru telah melalui kajian matang, dengan mempertimbangkan kondisi Sungai Wulan di atasnya yang membentang selebar sekitar 100 meter. Sesuai rancang bangun yang ada, desain jembatan baru jauh lebih tinggi dari posisi Hutan Kota Tanggulangin yang ada di sebelah baratnya.

Aspal jembatan baru lebih tinggi sekitar empat meter dari aspal jalan lama, ditambah tinggi pagar jembatan sekitar 0,23 meter. Bentang jembatan yang melintang di atas Sungai Wulan sepanjang 170 meter. Sementara panjang oprit di masing-masing sisi ujung jembatan adalah 210 meter. (Trq)

Tulis Komentar Anda