Jateng Editor : Ivan Aditya Rabu, 07 Februari 2018 / 17:50 WIB

37 TKW Purworejo Ditahan Imigrasi Malaysia

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sebanyak 37 Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang bekerja di pabrik Dominant Semiconductor di Melaka Malaysia, dikabarkan ditahan pihak imigrasi setempat. Belum diketahui alasan penahanan tersebut karena berdasar penelusuran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo, mereka berangkat secara resmi sesuai prosedur yang berlaku.

TKW yang berasal dari 14 kecamatan itu diberangkatkan PT Dian Yoga Perdana lewat kantor perwakilannya di Kecamatan Bayan Purworejo. Mereka berangkat pada tahun 2015 dan 2016.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinpernaker) Kabupaten Purworejo Drs Sutrisno MSi mengatakan, penahanan dikabarkan mulai 15 Januari 2018. "Kami dapat kabar dari perusahaan, lalu menindaklanjuti dengan mengundang wakil keluarga, kepala desa dan PT Dian," ujarnya kepada KRJOGJA.com, Rabu (07/02/2018).

Pertemuan menghasilkan rekomendasi untuk memberangkatkan perwakilan ke Malaysia guna melihat kondisi buruh yang ditahan, difasilitasi perusahaan. Awalnya, pemerintah akan mengirim tiga pewakilan dinas, camat dan anggota DPRD. Namun karena terkandala birokrasi perizinan dan potensi pelanggaran gratifikasi, rencana itu dibatalkan.

Namun perusahaan tetap memberangkatkan beberapa wakil keluarga ke Malaysia. "Ketika kami tanya, perusahaan tetap berkomitmen tinggi menyelesaikan masalah itu," katanya.

Camat Grabag Ahmad Jainudin mengemukakan, sebanyak 15 buruh migran asal kecamatan itu turut ditahan. Pemerintah Malaysia belum memberi penjelasan resmi alasan penahanan mereka. "Kabarnya tidak hanya dari Purworejo, tapi ada 35 TKI dari Kebumen dan 1 Klaten yang sama-sama ditahan," ungkapnya. (Jas)