REI Siapkan Rumah Murah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

ilustrasi (Okezone.com)

JAKARTA, KRJOGJA.com - Pengembang yang tergabung dalam Persatuan Perusahaan Realestate Indonesia (REI) berkomitmen membangun ratusan ribu rumah pada tahun ini. Termasuk, masyarakat berpenghasilan menengah.

"Untuk rumah middle low nonsubsidi banyak sekali permintaan dari para konsumen yang membutuhkan rumah," kata Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata di sekretariat DPP REI, Jakarta.

Dia mencontohkan, sejumlah perumahan middle low di sekitar kawasan industri, kebanyakan dibeli dengan sistem bulking, yakni perusahaan yang membeli kemudian dijual lagi kepada karyawannya.

"Jadi tidak melibatkan perbankan. Langsung perusahaan dengan karyawan," sebutnya.

Meskipun harga lebih mahal karena karyawan harus membayar PPN 10% dan PPh 5%, besaran uang muka cicilan bisa disesuaikan dengan gaji karyawan karena karyawan langsung melakukan pembayaran cicilan ke perusahaan.

Terkait dengan perkembangan penyediaan perumahan bagi kalangan MBR, Eman, sapaan Soelaeman, meng ungkapkan, pada 2017 REI sudah membangun 206.290 unit rumah bersubsidi dan nonsubsidi sebanyak 170.000 unit. Dengan pasokan terbesar berada di Jawa Barat (24.380 unit), Jawa Timur (19.265 unit), Jakarta (17.921 unit), Sumatera Utara (13.273 unit), dan Sulawesi Selatan (12.059 unit). (*)

Tulis Komentar Anda