DIY Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 07 Februari 2018 / 02:12 WIB

TAMAN WISATA BANYU KENCONO PLERET

Tawarkan Pesona Sungai Opak –Gajah Wong

BANTUL, KRJOGJA.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Pleret Kecamatan Pleret Bantul  terus  mempercepat proses pembangunan Taman Wisata Banyu Kencono Pleret sebagai destinasi  wisata  unggulan di kawasan itu.  

Berada di tempuran Sungai Opak dan Gajah Wong Dusun Karet  taman tersebut tidak sekadar menawarkan pesona alamnya. Namun nilai-nilai edukasi ditonjolkan agar mampu memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara.

"Taman Wisata Wisata Banyu Kencono Pleret merupakan kombinasi antara wisata alam dan edukasi, konsep tersebut yang terus kami garap," ujar Kasi Kesejahteraan Desa Pleret Irfani Andhi H, Selasa (6/2).

Dijelaskan,  konsep pembangunan  objek wisata itu memang tidak semata fokus pada pesona aliran Opak dan Gajah Wong. Namun dari desa juga bakal mengembangkan pusat outbond, pusat kuliner, hingga panggung terbuka hingga wisata khusus sungai Opak dan Gajah Wong.  

Dia mengatakan Pengelola Taman Wisata Banyu Kencono Pleret  siap mengantarkan wisatawan dengan perahu yang secara khusus didatangkan dari Jawa Tengah itu.  Berkunjung ke kawasan itu besok, tentu tidak sebatas melihat wisata alamnya.  Namun bisa juga menjajal kenikmatan kuliner khas Pleret.  

"Sekarang sudah mulai ramai kunjungan dari siswa TK dan pendidikan anak usia dini, kawasan ini  kedepannya juga akan kami desain dengan fasilitas outbond, Insya Allah awal Maret semua sudah siap ," ujar Irfani.

Dia mengakui sekarang ini memang masih tahap penyelesaian pembangunan  pendapa hingga penyempurnaan dermaga. Termausk penyelesaian tahap akhir perahu yang bakal mengantarkan wistawan menyusuri Sungai Opak dan Gajah Wong. (Roy)