Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Selasa, 06 Februari 2018 / 16:51 WIB

Tunjangan Babinsa Bakal Naik, Ini Penjelasan Menkeu

JAKARTA, KRJOGJA.com - Besaran tunjangan yang diterima oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) bakal dievaluasi pemerintah. Hal tersebut terkait semakin banyaknya tugas yang dikerjakan oleh para anggota TNI yang menjadi Babinsa.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, selama ini Babinsa telah banyak diminta bantuan oleh kementerian dan lembaga (K/L) dalam pelaksanaan programnya di wilayah pedesaan.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Oleh sebab itu, pemerintah menilai perlu adanya penyesuaian tunjangan yang diterima oleh para Babinsa tersebut.

"Tadi dibahas mengenai Babinsa, selama ini sering membantu K/L lain dalam menjalankan program-program, apakah struktur dari insentif yang diberikan itu dianggap mencerminkan tugas yang harus mereka lakukan," ujar dia dalam keterangannya, Selasa (6/2/2018).

Sri Mulyani mengungkapkan, pemerintah belum menentukan besaran Babinsa yang tunjangan yang akan disesuaikan. Namun menurut dia, besaran tunjangan tersebut akan mencerminkan tugas yang diembannya.

"Prinsipnya untuk tunjangan yang harus diterima babinsa mungkin akan dibuat suatu harmonisasi sama seperti mereka yang melakukan tugas-tugas di lapangan, Bhabinkantibnas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dari Polri," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, penyesuaian tunjangan yang akan didapatkan oleh Babinsa juga didasarkan pada lokasi dan kondisi tempatnya bertugas.

"Kalau ada K/L yang memang meminta bantuan mereka lakukan maka diperhitungkan beban harus tercermin. Kemudian bisa dilihat kebutuhan biaya operasional yang ada di perbatasan," tandas dia.(*)