Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Selasa, 06 Februari 2018 / 11:51 WIB

Kunyah Permen Karet Ternyata Bermanfaat untuk Otak, Begini Penjelasannya

SENSASI mengunyah permen karet memang asyik. Apalagi saat ini permen karet tersedia dalam berbagai rasa yang menarik. Nah, tahukah kalau ternyata permen karet yang banyak disukai orang ini bermanfaat bagi otak?

Dalam keterangan tertulis hellosehat.com, Selasa (6/2/2018), saat seseorang melakukan gerakan mengunyah, ternyata ada beberapa bagian otak yang menjadi aktif. Bagian tersebut antara lain adalah otak kecil (serebelum), batang otak, motor korteks, kaudata, dan cingulate. Selain itu, saat makan permen karet, kandungan gula pada permen karet dapat meningkatkan aliran darah menuju ke jaringan otak.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Adanya peningkatan darah ke otak dapat mengaktifkan bagian frontotemporal korteks dan otak kecil. Serebelum yang dikenal dengan sebutan otak kecil berfungsi untuk mengatur koordinasi keseimbangan tubuh. Sedangkan lobus frontal berfungsi untuk membuat rencana, berpikir logis, dan memecahkan masalah. Lobus temporal dibedakan menjadi dua, untuk lobus bagian kiri berfungsi untuk ingatan verbal, seperti mengingat nama.

Sedangkan untuk lobus bagian kanan berfungsi untuk ingatan yang bersifat visual misalnya kemampuan mengingat wajah dan gambar. Hal ini tentu dapat meningkatkan kerja otak dan membuat kemampuan kognisi meningkat. Selain itu, ternyata mengonsumsi permen karet bebas gula juga bisa meningkatkan daya ingat, baik ingatan jangka pendek maupun ingatan jangka panjang.

Para ahli menduga bahwa hal ini terjadi karena saat mengunyah, aktivitas otak di bagian otak hipokampus meningkat. Nah, bagian otak ini bertugas untuk menjalankan fungsi daya ingat.

Apakah ada manfaat permen karet lainnya?

Permen karet juga memiliki manfaat lainnya bagi otak dan kesehatan mental, yaitu dapat menurunkan perasaan stres dan tertekan pada seseorang. Permen karet dianggap sebagai salah satu metode relaksasi. Mengunyah permen karet ternyata dapat menurunkan rasa bosan dan perasaan tertekan yang dialami oleh seseorang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Paul Smith, didapatkan bahwa mereka yang mengonsumsi permen karet akan mengalami mood yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak makan permen karet.

Di samping itu, ternyata masih ada manfaat permen karet yang sayang dilewatkan, terutama bagi orang yang sering begadang. Mengunyah permen karet bisa membantu seseorang agar tetap terjaga dan waspada. aApalagi jika mengonsumsi jenis permen karet yang mengandung kafein. Meskipun tidak bisa sepenuhnya mengusir kantuk, tentu mengunyah permen karet bisa membuat lebih segar.

Lalu, adakah batasan konsumsinya?

Kandungan gula pada permen karet dapat menyebabkan munculnya karies pada gigi. Karies akan terbentuk akibat adanya bakteri-bakteri yang menempel pada plak gigi, disertai dengan fermentasi dari glukosa oleh bakteri. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya demineralisasi pada gigi dan akhirnya merusak gigi.

Plak yang muncul pada gigi terbentuk melalui proses yang rumit. Adanya penempelan bakteri pada plak gigi dapat memperburuk kesehatan gigi. Karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering makan permen karet. Bila memang suka permen karet, jangan lupa untuk selalu merawat kesehatan gigi dan mulut serta rutin periksa ke dokter gigi.(*)