Membingkai 9 Keteladanan Gus Dur dalam Pameran Foto

Pengunjung melihat karya foto bertajuk dalam pameran bertajuk 'Membingkai Gusdur Membingkai Indonesia'. (Foto: Yudho P)

PRESIDEN ke-4 Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid atau yang arab dikenal Gus Dur merupakan sosok yang sangat mengedepankan pluralisme, kebhinekaan, toleransi, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Nilai keteladanan tersebut yang kemudian mampu dipresentasikan oleh 9 fotografer untuk menggambarkan nilai serta keteladanan Gus Dur supaya terus dicontoh oleh generasi sekarang.

"Saya senang pameran ini bukan mengangkat sosok Gus Dur, Namun justru mengangkat nilai-nilai keteladanan yang telah ditinggalkan oleh Gus Dur untuk Indonesia," kata putri Gus Dur, Alisa Wahid saat pembukaan pameran bertajuk 'Membingkai Gusdur Membingkai Indonesia' untuk memperingati Sewindu Haul Gus Dur di Gallery Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Senin (5/2/2018).

Dikatakannya, Isu tentang intoleransi yang saat ini mudah sekali digaungkan dan seolah merongrong kebhinekaan menjadi alasan kuat bahwa sosok Gus Dur mwmang patut kita teladani. "Semoga melalui pameran ini, nilai-nilai luhur Gus Dur yang sudah diwariskan kepada kita membuat kita yakin bahwa untuk terus memperjuangkan keberagaman di Indonesia ini," imbuhnya. "Sekali lagi terimakasih sekali atas kecintaannya kepada Gus Dur dan Indonesia," pungkas Alisa.

Sementara itu, Koordinator pameran Mohammad Pandu selaku menjelaskan dalam pameran kali ini fotografer ingin menyampaikan tentang nilai-nilai yang patut diteladani dari sosok Gus Dur yang tercantum dalam sembilan nilai utama. "Kita ingin mengenalkan nilai-nilai yang sudah diperjuangkan oleh Gus Dur agar diteladani oleh generasi sekarang yakni nilai tentang ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, keksatriaan serta kearifan lokal," pungkas Pandu. (*-3)

Baca Juga: Jomblo Ini Bernama 'Fai', Kisahnya Ternyata Sangat Menginspirasi

Tulis Komentar Anda