Angkringan Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 06 Februari 2018 / 01:23 WIB

CFD TOEGOE JOGJA FESTIVAL

Gandeng 3 Rumah Sakit Adakan Pemeriksaan Kesehatan Massal

YOGYA, KRJOGJA.com - Car Free Day 'Toegoe Jogja Festival' (TJF) masuk di bulan Februari dengan program acara yang semakin variatif. Mengambil tema 'Ayo Gerak Ayo Sehat' dikemas dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan massal, senam, talk show kesehatan, donor darah, stan kuliner, serta hiburan live music, TJF berlangsung di sepanjang Jl Margo Utomo, Minggu (11/2) mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Didukung KR Grup, Pemkot Kota dan Diknas Kota Yogyakarta.

TJF kali ini sekaligus memperingati Dies Natalis ke-72 FK UGM, HUT ke-36 RSUP Dr Sardjito, HUT ke-6 RSA UGM, dan HUT ke-90 RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro. Dikatakan Prof Dr dr Budi Yuli Setianto SpPD(K) SpJP(K) selaku ketua panitia kegiatan, diadakannya acara ini disebabkan salah satu dari 10 indikator dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu aktivitas fisik 30 menit per hari. 

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Kebiasaan dalam melakukan PHBS sangat penting dilakukan untuk mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) yang semakin meningkat prevalensinya. Padahal, kebiasaan aktivitas fisik di DIY masih sangat rendah, sedangkan penyebab kematian akibat PTM semakin meningkat.

"Car Free Day yang merupakan salah satu kegiatan di masyarakat yang dapat digunakan sebagai sarana untuk berkativitas fisik. Pada acara CFD, maka jalan bebas dari kendaraan bermotor sehingga warga dapat memanfaatkan untuk berolahraga seperti senam, jogging atau sekadar berjalan-jalan bersama keluarga. Car Free Day juga merupakan suatu momen berkumpulnya warga dari berbagai kalangan dan juga usia sehingga kegiatan yang dilakukan dalam momen CFD dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas," jelas Budi di sekretariat panitia, Gedung Radiopoetro Lantai 2 Sayap Barat FK UGM, Jumat (3/2).

Pemeriksaan kesehatan nanti akan dibagi dalam 20 stan antara lain: 
Bengkel Orthotis Protetis, INA Health TV, Hip and Knee Orthopedi, Pemeriksaan Lab Sederhana ILK, Pengembangan Klinik Remaja, Konsultasi/Pemeriksaan Gizi, Geriatri, KSM Jantung, Profil RSA, Klinik Herbal, IDKI (Penjaminan pasien), ASDI (Penyuluhan Gizi), Promosi RS dan Instalasi Teknologi Informasi, dan stan World Cancer Day. Sedang donor darah akan dilangsungkan di Aula KR. 

Acara lain yang masuk rangkaian 'Ayo Gerak Ayo Sehat' adalah senam Germas, zumba dipandu instruktur Zin Zee, pendaftaran gratis dan berhadiah. Tari Edan Edanan dari YKI, Tari Hand Hygiene dan Talkshow dengan tema 'Skrining dan Pengelolaan Diet Sehat mencegah Kanker Nasofaring' oleh dr Agus Surono PhD SpTHT.  

Untuk kegitaan reguler di TJF seperti biasa akan diisi oleh senam Porpi, Universal Line Dance, ILDI, juga Gelar Pelajar Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, tak ketinggalan drumband dari SD Muhammadiyah Tegal Rejo. (*)