DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 05 Februari 2018 / 11:23 WIB

Perahu Kano Tambah Seru Wisata Pantai Drini

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul, terus berbenah agar menjadi daya tarik unggulan bagi wisatawan. Salah satunya Pantai Drini di Desa Banjarejo Kecamatan Tanjungsari yang menawarkan keindahan alam dan laut selatan, kini juga dilengkapi dengan kano, atau perahu kecil.

”Kebetulan di pantai ini ombaknya cukup tenang karena terhalang oleh Pulau Drini sehingga danau yang terletak sebelah utara Pulau Drini nyaman dan aman untuk bermain di laut,” kata Ketua Pokdarwis Pantai Drini Marjoko.

Para wisatawan tidak perlu repot-repot membawa peralatan kano dari rumah, karena di sekitar pantai ini sudah banyak disediakan kano dengan sewa Rp 10.000 sudah bisa bermain di laut bersama keluarga. Sederetan pantai selatan Gunungkidul, Pantai Drini yang bisa digunakan untuk bermain di laut termasuk anak-anak.

Disamping itu deretan gazebo yang berjajar di bibir pantai, juga menambah asrinya kawasan pantai, sekaligus bisa digunakan untuk beristirahat menikmati keindahan alam pantai di Pulau Drini. Puluhan gazebo yang dibangun oleh pemilik warung makan di pantai ini, bisa digunakan secara gratis, bagi rombongan wisatawan yang datang.

”Gazebo ini disediakan oleh para pedagang makanan untuk beristirahat sambil menikmati menu masakan laut yang disajikan pedagang,” kata Ny Suprihatin.

Keberadaan Pantai Drini yang berada di seberang pantai ini, juga bisa dikunjungi oleh wisatawan. Pokdarwis dan pelaku wisata sudah menyiapkan jalan setapak dan pagar pengaman. Di atas bukit Pantai Drini wisatawan bisa menikmati keindahan alam pantai mulai dari Pantai Sepanjang hingga Pantai Krakal.

Di Pulau Drini ini juga terdapat tumbuhan kayu drini, yang bisa digunakan untuk keperluan tertentu. Tempat ini dulu juga sering digunakan untuk tempat semedi, orang dari luar daerah dengan tujuan tertentu, kata Marjoko. (Awa)