200 Kapal Pakai Cantrang di Tegal dalam Penyelidikan KKP

Ilustrasi (Foto:doc)

TEGAL, KRJOGJA.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) selesai melakukan proses penyelidikan ratusan kapal penangkap ikan dengan alat tangkap cantrang di Tegal pada Jumat (2/2/2018).

Dirjen Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Syarif Hidayat dalam keterangannya, Minggu (4/2/2018) mengatakan, dari sekitar 370 pemilik kapal yang ada di area Tegal, kira-kira sebanyak 200 kapal sudah selesai diselidiki dalam waktu dua hari.

"Pada hari pertama, Kamis kemarin, sebanyak 100 kapal selesai didata dan diverifikasi, dengan tersisa 24 kapal yang belum selesai diselidiki. Sisa kapal itu juga tadi sudah ditangani hari ini, yang total ada 100 kapal lagi," tutur dia.

Syarif melanjutkan, proses penyelidikan kapal cantrang tersebut terdiri dari tiga fase. Mulanya, pemilik kapal harus melakui proses pendataan dan verifikasi, untuk kemudian mereka dihadapkan pada sesi wawancara panel, dan diakhiri dengan melakukan cek fisik kapal.

"Mereka akan didata secara administrasi pada saat verifikasi, seperti nama, asal keluarga, dan lain-lain," ujar dia.

"Ketika wawancara, para pemilik kapal akan ditanyai kesanggupan beralih alat tangkap. Kalau dilihat, sebagian dari mereka sudah menyatakan mau untuk nantinya beralih alat tangkap. Terkait hasil penyidikan 200 kapal itu, masih kami rekap," tambah dia.(*)

 

Tulis Komentar Anda