Olahraga Agregasi    Sabtu, 03 Februari 2018 / 14:40 WIB

Posisi Coutinho Tidak Jelas di Barcelona

BARCELONA (KRjogja.com) – Philippe Coutinho sudah tiga kali mentas bersama Barcelona. Sejauh ini, pemain yang didatangkan dengan biaya 142 juta pounds atau sekira Rp2,7 triliun belum mengeluarkan performa terbaik. Total dari tiga laga yang sudah dimainkan gelandang berpaspor Brasil itu, ia belum mencetak gol maupun assist.

Bisa dibilang, kurang moncernya Coutinho karena tidak ditempatkan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, di posisi yang seharusnya. Coutinho melakoni debut bersama Barcelona saat menjamu Espanyol di leg II perempatfinal Copa del Rey 2017-2018.
Saat itu, Coutinho masuk di menit 68 untuk menggantikan posisi sang kapten, Andres Iniesta. Coutinho beroperasi sebagai winger kiri, posisi yang sering dimainkan bersama Liverpool. Namun, Coutinho belum tampil prima saat itu karena masih butuh adaptasi, gelandang berusia 25 tahun itu juga baru sembuh dari cedera.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Laga kedua Coutinho bersama Barcelona tersaji saat Blaugrana menghadapi Alaves di pekan 21 Liga Spanyol 2017-2018 akhir pekan lalu. Saat itu Coutinho ditempatkan sebagai winger kanan, posisi yang hampir tak pernah diembannya bareng Liverpool.

Alhasil, Coutinho tak tampil optimal dan ditarik keluar pada menit 66 untuk digantikan Paco Alcacer. Saat itu Barcelona sedang tertinggal 0-1. Masuknya Alcacer menghidupkan permainan Barcelona sehingga menang 2-1.

Pertandingan terkini Coutinho bersama Barcelona tersaji dini hari tadi saat menjamu Valencia di leg I semifinal Copa del Rey 2017-2018. Coutinho masuk di menit 58 untuk menggantikan Aleix Vidal. Ia pun beroperasi sebagai winger kanan dalam pola 4-4-2.

Namun dalam praktiknya, Coutinho lebih sering mentas di tengah. Hal itu karena di sisi kanan sering ditempati Lionel Messi yang terkenal mobile.

“Benar Coutinho bermain di tengah pada laga tadi. Sebab terkadang, Messi bermain di sayap kanan. Ide kami memainkan Coutinho di posisi sayap ketika Messi beroperasi di tengah, namun sebenarnya Coutinho dapat bermain di mana saja,” kata Valverde mengutip dari Sportskeeda, Jumat (2/2/2018).  (*)