Tanah Tebing di Lereng Menoreh Longsor

Tanah longsor di Magelang (M Thoha)

MAGELANG (KRJogja.com) - Setelah beberapa hari sempat ambles, tanah tebing di sekitar rumah Tugiran longsor dua kali, Rabu (31/1/2018) petang dan Kamis (1/2/2018) dinihari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun Kamis dinihari masyarakat sempat dikagetkan dengan terdengarnya suara sirine dari peralatan Early Warning System (EWS) produk BPBD Kabupaten Magelang yang dipasang di bagian atas emperan rumah Tugiran.

Kepada KRJogja.com di rumahnya, Kamis, Tugiran mengatakan longsor pertama terjadi di belakang rumahnya, dan ini terjadi Rabu petang sekitar pukul 17.30. Sedang longsor kedua terjadi Kamis dinihari sekitar pukul 02.30. Tanah tebing samping depan rumahnya, yang semula menjadi lokasi pemasangan peralatan EWS, baik yang dibuat masyarakat dari bahan potongan kayu dan bambu maupun EWS produk staf BPBD Kabupaten Magelang.

Kamis dinihari sekitar pukul 02.00 itu ia rencananya akan istirahat tidur. Namun tanpa diduga salah satu anaknya berteriak-teriak memanggilnya. Tugiran pun langsung terbangun, dan secara spontan lari menuju ke alat EWS yang dipasang di bagian atas emperan rumahnya. Setelah dicabut bagian tertentu, sirine EWS dari BPBD tersebut langsung berbunyi.

Mendengar suara sirine ini, masyarakat yang tinggal di areal bawah tebing langsung terbangun untuk berusaha menyelamatkan diri. Beberapa saat kemudian tanah tebing di samping kiri depan rumahnya longsor hingga ke bagian lereng dan ruas jalan yang ada di sekitar 50 meter di bawahnya. 

Ketua Relawan Garuda Bukit Menoreh (GBM) Salaman Magelang Shoim kepada Merapi Pembaruan mengatakan tanah di sekitar rumah Tugiran sejak 25 Januari 2018 lalu mengalami pergerakan, dan di beberapa bagian ada yang ambles, peralatan EWS sederhana dari potongan kayu dan bambu pun dipasang di beberapa lokasi.

Hingga 30 Januari 2018 lalu di bagian belakang amblesnya sudah mencapai sekitar 50 Cm, di bagian samping ada yang 12 Cm. Rabu (31/1/2018) lalu tingkat amblesnya bertambah, di belakang rumah menjadi sekitar 70 Cm dan di samping kiri depan turun lagi 5 Cm. (Tha)

Tulis Komentar Anda