Peristiwa Editor : Ivan Aditya Kamis, 01 Februari 2018 / 13:59 WIB

Rumah Aung San Suu Kyi Dimolotov

MYANMAR, KRJOGJA.com - Rumah pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, di Yangon dilaporkan dilempar bom motolov oleh orang tak dikenal, Kamis (01/02/2018).

“Itu adalah bom molotov,” ucap juru bicara pemerintah, Zaw Htay.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Htay tak menjelaskan lebih jauh mengenai insiden tersebut, termasuk motif serangan yang diyakini mengincar penasihat negara sekaligus tokoh demokrasi di negara Asia Tenggara itu. Namun, saat insiden terjadi, Suu Kyi sedang berada di Naypyidaw untuk memperingati tahun kedua pemerintahannya.

Ledakan itu memang tak menyebabkan kerusakan serius. Namun, serangan ini dianggap sebagai satu simbol karena gedung itu merupakan tempat tinggal Suu Kyi selama menjadi tahanan rumah di bawah kekuasaan junta militer.

Serangan itu terjadi ketika Suu Kyi menjadi sorotan dunia internasional lantaran krisis kemanusiaan yang kembali memburuk di negara bagian Rakhine sejak Agustus lalu. Peraih Nobel Perdamaian yang memenangkan pemilu 2015 itu dianggap gagal melindungi etnis minoritas Muslim, terutama Rohingya, yang terus menjadi target persekusi serta diskriminasi di negaranya. (*)