Hiburan Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 01 Februari 2018 / 09:56 WIB

Musik Keroncong Harus Dipertahankan Keasliannya

SEMARANG KRJOGJA.com - Seni Musik Keroncong dinilai Danramil Semarang Tengah, Mayor Inf Harton yang hadir dalam Pentas Waroeng Kerontjong Semarang di Taman Nada Semarang, Rabu (31/1/2018) malam sebagai warisan budaya bangsa Indonesia yang patut dilestarikan keaslian.

"Harus dilestarikan dan dipertahankan karena makin ke depan gerusan musik dari luar akan lebih banyak masuk dan mempengaruhi generasi muda. Padahal dalam lagu dan musik keroncong sarat akan nilai filosofi dan membangun karakter bangsa. Banyak ditemukan lagu-lagu keroncong yang temanya mengangkat semangat perjuangan dan cinta tanah air. Saya rasa hal ini sedikit ditemukan dalam lagu dan musik yang berkembang sekarang ini, karena banyak mengeksplor percintaan dan humor. Karena itu lah keroncong masih dibutuhkan untuk mengembalikan karakter bangsa yang adi luhung", ungkap Mayor Inf Harton yang hadir mewakili Dandim 0733 BS Semarang Kol Inf M Taufiq Zega dalam pemanfaatan perdana Taman Nada untuk pentas Keroncong OK Fajar Mekar pimpinan Sukusman.

Semakin berkurangnya generasi muda menyukai budaya bangsa, menurut Harton sebagai sinyal runtuhnya semangat nasionalisme. Oleh karena itu pihaknya mengingatkan seluruh komponen bangsa agar kembali peduli terhadap budaya sebagai landasan membangun karakter.

Pentas Waroeng Keroncong mendapat dukungan Pemerintah Kota Semarang dan Kodim 0733 BS Semarang sebagai sarana menggugah semangat cinta budaya dan membangun kedaulatan di bidang budaya. (Cha)