Gaya Hidup Agregasi    Selasa, 30 Januari 2018 / 04:44 WIB

Ibu Berperan Genjot Konsumsi Air Mineral

HINGGA kini tak sedikit masyarakat yang kurang menyadari pentingnya minum air mineral setiap hari. Berdasarkan hasil riset di 13 negara yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, 1 dari 4 anak di Indonesia masih kurang minum dan 30% yang dikonsumsi bukanlah air mineral. 

Selain itu, sebanyak 40% orang dewasa dan 36% remaja juga belum memenuhi kebutuhan air mineral yang cukup. Kekurangan asupan air mineral dapat membuat bayi dan anak-anak rentan mengalami dehidrasi. Padahal air tersebut mengandung mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Sebut saja zinc yang merangsang respon imun dan fungsi otak, serta kalium yang bagus untuk sistem saraf dan otot. Salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya meminum air mineral adalah peran dari ibu. 

Ibu memegang peranan kunci untuk mendorong keluarganya melakukan kebiasaan sehat seperti minum air mineral. Akan tetapi, tidak mudah bagi seorang ibu untuk melakukan tugas tersebut.

Menurut psikolog keluarga, Roslina Verauli, S.Psi, M.Psi, untuk membuat keluarganya sehat ibu harus memiliki keterampilan khusus. "Ibu harus mampu mendelegasikan permintaannya kepada anggota keluarga. Terkadang sulit untuk ibu mengungkapkan isi hatinya," terang perempuan yang akrab disapa Vera itu saat ditemui dalam konferensi pers program "Ibu Sehat, Keluarga Sehat"  di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2018)

Program yang menggaet Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan (TP-PKK) Pusat itu rencananya akan melatih dan membekali para ibu dengan keterampilan khusus untuk meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan keluarganya. Ditambahkan oleh Vera, ada dua keterampilan yang perlu dimiliki oleh ibu. 

Pertama, keterampilan yang memudahkan peran ibu dalam fungsi ekonomi. Kedua, keterampilan komunikasi untuk menjalin relasi ketika di rumah, baik ke suami, anak, atau bahkan orangtua dan mertuanya. (*)