Jadi Potensi Warga, Perikanan Budidaya di Bantul Terkendala SDM

Ilustrasi (Foto:doc)

BANTUL, KRJOGJA.com - Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan (Dispertautkan) Bantul terus menggiatkan budidaya perikanan dalam masyarakat. Selain potensi budidaya perikanan yang masih terbuka luas karena meningkatnya konsumsi ikan, juga peluang bisnis perikanan ini juga belum tergarap maksimal.

"Perikanan budidaya di Bantul memang perlu untuk dioptimalkan," ujar Kepala Dispertautkan Bantul Ir Pulung Haryadi MSc, Senin (28/1/2018). Salah satu upaya yang dilakukan Dispertautkan Bantul adalah dengan sosialisasi manfaat budidaya bagi kesejahteraan, juga pemanfaatan selokan sebagai sarana budidaya untuk ladang bisnis dan pemenuhan
gizi.

Menurutnya, kemampuan masyarakat tentang pembudidayaan perikanan juga terus dilakukan, sehingga potensi perikanan budidaya tergarap dengan baik, berimbas pada pendapatan meningkat. Hal itu juga bisa membuka lapangan kerja, sehingga kesejahteraan masyarakat juga terangkat.

Dikatakan, perikanan budidaya di Bantul masih terkendala dengan minimnya kualitas sumber daya manusia atau SDM, juga sarana penunjang. Termasuk dampak dari banjir atau alam, sehingga perikanan budidaya di Bantul memang perlu digiatkan lagi dengan manajemen lebih bagus lagi, agar faktor alam juga perlu dicermati seksama, sehingga mendapat hasil bagus. (R-3)

 

Tulis Komentar Anda