Olahraga Editor : Agus Sigit Senin, 29 Januari 2018 / 14:54 WIB

Coutinho Tampil Buruk, Valverde Membela

BARCELONA (KRjogja.com) – Juru taktik Barcelona, Ernesto Valverde, memberikan pembelaannya terhadap penampilan kedua Philippe Coutinho bersama klub arahannya itu. Valverde menilai bahwa Coutinho bukanlah sebuah mesin yang selalu tampil impresif.

Penampilan kedua Coutinho bersama Barca kala menghadapi Deportivo Alaves memang jauh dari kata mengesankan. Bahkan keberadaan Coutinho di atas lapangan hanya bertahan kurang dari sejam sebelum akhirnya digantikan oleh Paco Alcacer.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Coutinho praktis tidak memberikan kontribusi apa pun di laga tersebut. Padahal ketika dirinya tengah bermain, Barca dalam keadaan tertinggal 0-1 dari Alaves. Baru saat dirinya ditarik keluar, performa Barca membaik dan bahkan mampu membalikan keadaan untuk menang 2-1.

Hal tersebut pun membuat sejumlah pengamat tidak segan untuk melemparkan kritikannya terhadap penampilan Coutinho di laga dini hari tadi. Namun bagi Valverde, Coutinho sudah bermain bagus serta menerapkan segala instruksi darinya pada sepanjang laga tersebut.

“Para pemain bukan mesin yang bisa datang ke pabrik baru dan langsung bekerja dengan baik dalam waktu cepat. Namun saya lihat dia bermain bagus, dia terlibat dalam permainan, dan menginginkan bola,” bela Valverde, seperti dilaporkan oleh FourFourTwo, Senin (29/1/2018).

“Ini merupakan satu langkah baru untuknya. Sebelumnya dia bermain selama 20 menit dan sekarang dia bermain lebih lama. Kita akan melihat dia bermain lebih baik sedikit demi sedikit,” sambung pelatih berusia 53 tahun itu.

Coutinho sendiri resmi berseragam Barca pada bursa transfer musim dingin 2018. Personel Timnas Brasil tersebut diboyong oleh manajemen Barca dari Liverpool dengan nilai transfer sebesar 120 juta euro atau sekira Rp1.9 triliun. (*)