Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Minggu, 28 Januari 2018 / 16:10 WIB

Perkenalkan Mereka Adalah Monyet Kloningan Pertama

CHINA, KRJOGJA.com - Zhong Zhong dan Hua Hua merupakan primata kloning pertama yang kini berusia di bawah dua bulan. Dua ekor monyet cynomolgus itu lahir dari embrio yang diciptakan melalui transfer sel somatik (SCNT) atau sistem kloning.

Kedua monyet tersebut bergabung dengan lebih dari 20 spesies yang telah berhasil dikloning. Kedua monyet tersebut tampaknya berkembang secara normal.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

"Ini menunjukkan bahwa monyet kloning itu mungkin terjadi," kata Muming Poo kepada wartawan pada sebuah konferensi pers.

Tujuan utama peneliti mengumumkan keberhasilannya itu adalah untuk menunjukkan bahwa monyet kloning akan berguna. Monyet ini akan diteliti lebih lanjut untuk berbagai penyakit.

Poo adalah direktur Institute of Neuroscience dari Chinese Academy of Sciences Centre for Excellence in Brain Science and Intelligence Technology dan seorang penulis makalah yang melaporkan metode-metode tersebut, yang dipublikasikan secara online di Cell sebelum publikasi cetak pada 8 Februari 2018.

Poo mengatakan tim tersebut berencana untuk pencitraan otak secara teratur untuk melihat perkembangan struktural otak kedua monyet tersebut.

Tapi pencitraan otak seperti itu, dan juga tes perilaku, akan dilakukan ketika kedua monyet sudah lebih besar. "Karena kita tidak ingin mengganggu mereka saat ini," kata Poo.(*)