LULUSANNYA BAKAL MENJADI APARATUR NEGARA

Peran Sekolah Kedinasan Terus Digenjot

Foto: Ilustrasi

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ingin meningkatkan perekrutan pegawai negeri sipil (PNS) yang berasal dari sekolah kedinasan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur ‎Negara Reformasi Birokrasi dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur ‎mengatakan, dalam perekrutan PNS atau aparatur sipil negara (ASN) dibagi dua. Salah satunya merekrut langsung dari berbagai lulusan perguruan tinggi negeri dan swasta.

‎"Pertama merekrut langsung bersumber dari pendidikan tinggi dan swasta, kita melakuan tes namanya KET, sehingga tidak gampang menjadi PNS," kata Asman, usai menghadiri wisuda penerbang, di Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan (STIP) Curug, Tangerang, Sabtu. (27/1/2018).

Asman melanjutkan, untuk perekrutan PNS berikutnya melalui sekolah kedinasan yang diselenggarakan kementerian lembaga, salah satunya Kementerian Perhubungan.

Dia menilai, sekolah kedinasan merupakan pembibitan yang baik. Lantaran, sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkan sudah siap mengisi jabatan ‎yang ada. Sedangkan pengisi jabatan saat ini terkadang diisi oleh pihak dengan latar belakang yang kurang sesuai, kondisi ini kerap terjadi di pemerintah daerah.

‎Asman pun berniat untuk mengevaluasi kembali, jurusan sekolah kedinasan yang dibutuhkan saat ini. Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan PNS sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dikuasai.

"Kita coba perluas kapasitasnya, karena di daerah bagian perhubungan banyak yang diisi dari pendidikan. Perhubungan tapi guru bukan guru umum tapi guru agama," ujar dia.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Kementerian Perhubungan telah menyelenggarakan lembaga ‎pendidikan. Hal ini untuk mengisi posisi yang dibutuhkan pada instansi yang dipimpinnya.

"Kita tahu harus miliki sumber daya manusia yang baik, BP SDM memiliki cukup banyak ribuan, jadi putra terbaik bangsa dan mengisi jabatan di seluruh Indonesia," ujar dia.(*)

Tulis Komentar Anda