Wisata Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 25 Januari 2018 / 13:09 WIB

Asyiknya, Refreshing Susur Sungai di Sedayu

WISATA air susur sungai atau karst tubing muncul di beberapa tempat termasuk kawasan Sedayu Bantul. Dua tempat yang sudah dikelola dengan baik, yakni sungai yang melintas di kawasan Surobayan Argomulyo serta Gayam Argosari.

Camat Sedayu Bantul Drs Fauzan Mu’arifin menyambut gembira hal tersebut, sebab wisata air susur sungai termasuk potensi positif yang bisa dikembangkan serta menguntungkan. Pihaknya termasuk segenap Muspika Sedayu akan membantu semaksimal mungkin. Bahkan secara berkala, akan menggelar susur sungai yang ada di Sedayu. Manfaat positifnya antara lain sebagai ajang mempererat keakraban dan memupuk kekompakan.

“Manfaat lainnya seperti untuk kegiatan refreshing serta membantu mengenalkan potensi susur sungai yang ada di Sedayu sini,” jelas Fauzan saat ditemui di sela-sela kegiatan susur sungai Muspika Sedayu di kawasan Gayam Argosari, baru-baru ini.

Menurut Fauzan ajang susur sungai tersebut diikuti  40 peserta antara lain ada perwakilan dari kantor kecamatan, lurah/perangkat desa, Polsek, Koramil, UPT Pendidikan, karang taruna serta tokoh masyarakat.  Jarak dari lokasi start sampai finish sekitar 1.300 meter. Segenap tim pemandu dari Gayam Karst Tubing ikut mengawal sampai semua peserta berkumpul di lokasi finish.

Tim pemandu, Sriyani menjelaskan setiap peserta susu sungai mendapatkan fasilitas seperti helm pengaman, jaket pelampung, ban, sepatu, minuman dan makanan ringan.  Jarak sungai sekitar 1,3 kilometer, rata-rata ditempuh dalam waktu kisaran satu jam. Saat perjalanan menuju finish, ada tiga titik berhenti. Pertama, melingkar bergandengan diantara dataran bebatuan karst. Kedua, berjajar  baris mengarungi jeram panjang/beriak dan ketiga, loncat air serta melihat pemandangan alami pedesaan.

Komandan Koramil (Danramil) Sedayu, Kapten Kusmin mengatakan, merasa senang bisa mengikuti kegiatan positif tersebut. Selain sebagai ajang refreshing dan sarana menjaga kekompakan, bisa juga untuk uji sampai melatih kesabaran mulai dari start hingga finish.

“Beberapa sungai yang melintas di Sedayu memang cocok untuk dijadikan karst tubing. Selain yang sudah ada, diperkirakan bisa muncul tempat lain yang dipadukan aneka potensi di sekitar sungai,” ungkapnya. (Yan)