Mahasiswa UMBY Ditantang Jadi Peternak Modern Zaman Now

SLEMAN, KRJOGJA.com - Lebih dari 130 mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengikuti proyek industri peternakan di kampus setempat, Senin (22/1/2018). Dalam agenda yang merupakan penerapan ilmu mata kuliah tersebut, para mahasiswa ditantang masuk dalam industri peternakan modern zaman sekarang.

Ketua Program studi Peternakan UMBY, Ir Nurasmiati MP mengatakan tujuan agenda kegiatan tersebut yakni untuk memperkenalkan prospek perencanaan usaha khususnya di bidang peternakan. Menurut dia, saat ini seorang peternak modern (zaman now) harus memahami betul seluk-beluk industri dari hulu ke hilir.

“Kampus berharap mahasiswa paham betul dan tertarik terjun sebagai peternak zaman now, memahami apa yang harus dilakukan dari hulu sampai hilir dari membuat perusahaan sampai memasarkan hasil produksinya. Saat sudah tahu betul, harapan kami dipraktekkan setelah lulus nanti karena ini semua juga bagian dari mata kuliah yang dipelajari selama kuliah,” ungkapnya.

Nurasmiati mengungkap selama menjalani perkuliahan mahasiswa UMBY mendapatkan materi diantaranya analisis situasinya, kebutuhan sarana prasarana, pemasarannya hingga penggunaan pakan untuk meraih keuntungan usaha. “Semuanya kami berikan materinya selama proses perkuliahan dan agenda ini sebagai pemantapan saja,” ungkapnya lagi.

RR Dukita Arum salah satu peserta projek mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk memberi motivasi membuat suatu projek nyata dari hulu sampai hilir, dari perencanaan desain sampai pelaksanaan lapangan walaupun itu masih di dalam bentuk miniatur. “Kami jadi punya gambaran dan termotivasi bahwa nanti kalau sudah lulus bisa membuka usaha dan  berwirausaha termasuk di bidang industri peternakan,” ungkapnya.

Sementara Bidang Humas UMBY, Widarta SE MM menambahkan kegiatan tersebut nantinya bakal menjadi agenda rutin tahunan di kampus. “Nantinya akan diundang para investor agar bisa melihat karya-karya mahasiswa dan mungkin membuka jalur investasi menanamkan modalnya di bidang peternakan,” terangnya. (Fxh)

Tulis Komentar Anda