Hiburan Editor : Agung Purwandono Sabtu, 20 Januari 2018 / 00:31 WIB

Perempuan Pekerja Seni Segera Daftar, Ada Hibah Rp 3,5 Miliar !!

YOGYA, KRJOGJA.com - Cipta Media Ekspresi menyelenggarakan program pemberian hibah berupa dana langsung bagi para perempuan pekerja seni di Indonesia. Total dana yang disediakan sebesar Rp 3,5 miliar. Pengiriman berkas pendaftaran paling lambat 28 Maret 2018.

Sosialisasi tentang program hibah untuk perempuan pekerja seni berlangsung di Aula Kedai Kebun Forum dan diikuti oleh pekerja seni perempuan dari berbagai kalangan, Jumat (19/1/2018).

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Dalam sosialisasi tersebut, disebutkan bahwa setiap pekerja seni perempuan di Indonesia memiliki kesempatan untuk mendapatkan hibah berupa dana langsung untuk membantu berjalannya proyek seni yang sedang mereka kerjakan.

"Siapa saja yang mengaku perempuan termasuk transgender yang berusia di atas 18 tahun terhitung April 2018," tutur Siska selaku panitia penyaluran hibah. Ia juga menambahkan bahwa pekerja seni perempuan yang terlibat tidak perlu harus ahli dan berpengalaman.

"Nggak ada pengalaman nggak masalah. Tapi, kalau WNA, harus yang sudah lama bekerja di Indonesia," tambah Siska mengenai kriteria pekerja seni yang dapat mengajukan proposal permintaan dana hibah.

Adanya hibah Cipta Media Ekspresi bagi pekerja seni perempuan dilatarbelakangi dengan adanya anggapan bahwa tingkat representasi perempuan di sebagian besar bidang kesenian sangat rendah.

Baik itu angka partisipasi perempuan dalam pameran seni rupa, pembuat kajian sejarah seni atau pencipta musik. Total dana hibah yang disediakan sendiri mencapai total 3,5 miliar rupiah untuk mereka yang lolos seleksi.

Seleksi permohonan hibah dilakukan oleh delapan orang juri perempuan, yaitu Aleta Baun (aktivis lingkungan dan politisi), Andy Yentriyani (aktivis perempuan dan keberagaman), Cecil Mariani (perancang grafis dan pelaku koperasi), Heidi Arbuckle (penggagas Hibah Cipta Media Ekspresi), Intan Paramaditha (penulis fiksi dan pelaku kajian media), Lisabona Rahman (ketua juri, pelaku arsip dan pendataan sejarah film), Naomi Srikandi (aktor/sutradara teater dan pegiat jaringan antara seniman dengan aktivis), serta Nyak Ina Raseuki (pesuara dan etnomusikolog).

Permohonan dana hibah dapat diajukan oleh pekerja seni perempuan sebelum tanggal 25 Maret 2018 pada pukul 23.00 WIB dan proyek yang dilaksanakan harus selesai maksimal pada tanggal 28 Februari 2019. Formulis pengajuan dana hibah dapat diakses pada www.ciptamedia.org. (Rahina Dyah Adani)