1 TAHUN RUMAH KREATIF BUMN

UMKM Harus Harus Konsisten untuk Berkembang

Seminar dalam rangka 1 Tahun RKB Yogyakarta

YOGYA (KR) - Masih banyak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang belum tersentuh literasi keuangan. Di sisi lain juga belum banyak yang berpikir produknya bisa beredar secara nasional bahkan internasional.

Hal tersebut dikemukakan Pimpinan Wilayah BRI Yogyakarta Andik Eko Putro dalam Seminar '1 Tahun Rumah Kreatif BUMN (RKB) Yogyakarta' yang berlangsunhg di Aula Lt 3 Kantor Wilayah BRI Yogyakarta, Jumat (12/01/2018).

Narasumber lain yaitu Direktur Pengelola RKB Yogya Joedo Hanitianto, Direktur Program RKB Yogya Bio Hadikesuma, Dosen FEB UGM Rika Fatimah dan Erry pelaku UMKM. Acara tersebut dihadiri lebih dari 200 UMKM di wilayah DIY, bahkan ada yang datang dari Muntilan, Malang dan Kalimantan.

 Menurut Andik, RKB yang juga dikenal sebagai Rumah Kreatif Jogja (RKJ) selama satu tahun ini memperlihatkan perkembangan yang menggembirakan. Salah satunya adalah semakin banyak UMKM yang menyadari literasi keuangan. "UMKM kalau memang mau berkembang harus memperbaiki diri dari sisi manajemen, pengengelolaan keuangan, marketing dan lainnya. Nah, RKB hadir untuk itu," kata Andik. 

Joedo Hanindito dan Bio Hadikesuma yang setahun ini mengelola RKB Yogya mengatakan, jumlah UMKM yang terdaftar di RKB memang banyak, namun hanya sedikit yang konsisten untuk melakukan tahap demi tahap proses pendampingan. Proses pendampingan di RKB Yogyakarta memang berbeda dengan RKB lain karena ada jenjang kelas. Harapannya UMKM akan terpacu untuk lebih berkembang. (Apw)

Tulis Komentar Anda