Peristiwa Editor : Ivan Aditya Jumat, 05 Januari 2018 / 22:50 WIB

Korut Terima Tawaran Korsel

KORSEL, KRJOGJA.com - Korea Utara menerima tawaran dari Korea Selatan untuk mengadakan pertemuan tingkat tinggi dalam rangka memperbaiki hubungan kedua negara.

"Korea Utara pagi tadi mengirimkan pesan kepada pihak kami, mengatakan bahwa mereka menerima tawaran Korsel untuk mengadakan pertemuan pada 9 Januari," ujar juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel, Baek Tae-hyun.

Pertemuan akan dihelat di Panmujon, desa yang terletak tepat di dalam zona demilitarisasi (DMZ) di antara kedua negara. Baek mengatakan, agenda penting dalam pertemuan ini mencakup Olimpiade Musim Dingin dan "isu yang memperkuat hubungan antar-Korea."

Pertemuan ini dianggap sebagai simbol keinginan pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un, untuk memperbaiki relasi dengan Korsel yang memanas akibat isu rudal dan nuklir Pyongyang sepanjang tahun lalu.

Keinginan ini disampaikan dalam pidato awal tahun Kim yang juga menyiratkan keinginan Korut untuk ikut serta dalam Olimpiade Musim Dingin yang akan digelar di Pyeongchang mulai 9 Februari mendatang. Tak lama setelah Kim menyampaikan pidatonya, Presiden Korsel, Moon Jae-in, menyatakan kemungkinan untuk menggelar dialog dengan Korut. (*)