Coutinho Terima Gaji Besar di Barcelona, Messi Cuek

Foto: Okezone

BARCELONA (KRjogja.com) – Lionel Messi tidak mempermasalahkan gaji besar yang akan diterima Philippe Coutinho di Barcelona. Bahkan, seperti diberitakan Diario Gol, Jumat (5/1/2018), La Pulga –julukan Messi– bersama Andres Iniesta coba menenangkan pemain Barcelona yang tidak setuju dengan gaji besar Coutinho.

Coutinho memang belum resmi bergabung dengan Barcelona. Namun, Blaugrana –julukan Barcelon – disebut-sebut telah mencapai kesepakatan untuk mendatangkan pesepakbola berusia 25 tahun itu. Untuk mendatangkan Coutinho, Barcelona mengeluarkan 132 juta pounds atau sekira Rp2,4 triliun.

Sementara untuk gaji, Coutinho dilaporkan menerima 10,5 juta pounds atau sekira Rp190 miliar per tahun. Hal itu membuat Coutinho berstatus sebagai pemain dengan gaji tertinggi kedua di Barcelona, di bawah Lionel Messi.

Hal itulah yang memantik protes dari pemain senior Barcelona. Kapten ketiga Barcelona, Gerard Pique, jadi pihak yang lantang menyuarakan hal tersebut. Sebenarnya jika Barcelona ngotot menggaji Coutinho dengan nominal besar, mereka terancam terkena sanksi Financial Fair Play (FFP) yang diterapkan UEFA.

Selain mendatangkan Coutinho seharga Rp2,4 triliun plus menyodorkan gaji besar, Barcelona sudah jorjoran pada bursa transfer musim panas 2017. Pada bursa transfer yang dibuka pada 1 Juli hingga 31 Agustus 2017 itu, Barcelona mengeluarkan 173,25 juta pounds atau sekira Rp3,15 triliun.

Jika melanggar peraturan FFP, Barcelona bisa dibatasi UEFA dalam hal jumlah pemain yang didaftarkan di di kompetisi antarklub Eropa, seperti Liga Champions dan Liga Eropa. Sementara hukuman yang paling ekstrem ialah, Barcelona bisa dilarang mentas di dua ajang tersebut.

Karena itu, Barcelona harus pintar-pintar mengelola keuangan mereka. Jika transfer Coutinho terealisasi, Barcelona memiliki cara untuk menyeimbangkan neraca keuangan mereka. Cara termudah dengan menjual beberapa pemain yang ada di skuad mereka saat ini.

Javier Mascherano bisa dijadikan opsi, meski harga transfernya takkan terlalu mahal. Jika Barcelona ingin mendapatkan uang besar, mereka bisa menjual Samuel Umtiti. Bek berpaspor Prancis itu memiliki klausul lepas mencapai 60 juta euro atau sekira Rp971 miliar. Sejauh ini, Manchester United dan Manchester City jadi dua tim yang tertarik mendatangkan mantan bek Olympique Lyon itu. (*)

Tulis Komentar Anda