Hiburan Editor : Danar Widiyanto Selasa, 02 Januari 2018 / 23:59 WIB

Ada Banyak Budaya Unik, Indonesia Bakal Tampil di Europalia

EUROPALIA merupakan sebuah festival budaya internasional yang diadakan setiap dua tahunan atau biennale, mempersembahkan cultural heritage, yakni kesenian dan kebudayaan dimana setiap festival dipilih satu negara tamu kehormatan atau Guest Country. Sejak pendiriannya di tahun 1969 di Brussel, Belgia, Europalia merupakan festival seni budaya multidisipliner dengan menyuguhkan baik seniman ternama juga seniman pendatang berbakat tidak hanya pameran namun juga seni pertunjukan, music, sastra prosa dan puisi, konferensi dan film.  

Penyelenggaraan festival berpusat di Belgia yang dihadiri masyarakat Eropa dari berbagai kota ditempat penyelenggaraannya di beberapa negara Eropa lain. Warisan budaya dan artefak menjadi bagian penting karena dihadirkan benda museum asli, dan seni kontemporer sangat berperan, kreasi baru serta interaksi antara seniman pekerja seni negara tamu dan mereka di Eropa juga menjadi bagian yang memiliki perhatian khusus.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Tujuan Europalia adalah untuk mendekatkan dan menguatkan hubungan antara Belgia (dan Eropa) dengan negara tamu terpilih melalui diplomasi budaya.

Nah untuk tahun ini, Indonesia terpilih sebagai negara tamu kehormatan di festival Europalia yang ke 26 ini, merupakan negara Asia keempat (setelah Cina, Jepang dan India) dan pertama Asia Tenggara. Pada festival seni internasional yang ke-26 Europalia 2017, Indonesia mendapatkan suatu kehormatan sebagai negara tamu yang mempertunjukkan berbagai kesenian dan kebudayaannya di Belgia dan di sekitar 50 kota di Eropa, berlangsung 104 hari, dimulai 10 Oktober 2017 hingga 21 Januari 2018. (*)