DIY Editor : Agung Purwandono Minggu, 31 Desember 2017 / 17:39 WIB

Mau Jadi Relawan Kebersihan Tahun Baru, Datang Malam Ini ke Malioboro

YOGYA, KRJOGJA.com – Ribuan wisatawan dan masyarakat Yogyakarta disinyalir bakal memadati Malioboro untuk merayakan pergantian tahun. Jogja Garuk Sampah pun turun tangan untuk melakukan giat pengamanan sampah. Bagi yang bersedia jadi relawan bisa berkumpul di utara Inna Garuda Hotel Minggu (31/12/2017) pukul 21.00 WIB. 

Koordinator Jogja Garuk Sampah (JGS), Bekti Maulana (20) memprediksi bahwa wisatawan yang merayakan malam pergantian tahun di kawasan Malioboro bakal naik 3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Sehingga sampah yang dihasilkan dipastikan juga akan lebih banyak.

“Jika untuk masalah keamanan dari tindak kriminal, maupun pengaturan lalulintas saya kira sudah banyak ormas-ormas yang membantu, namun untuk pengamanan dalam segi kebersihan lingkungan kan belum ada,” tuturnya kepada KRjogja.com, Minggu (31/12/2017).

Ia mengajak masyarakat Yogyakarta dan komunitas-komunitas untuk turut terlibat dalam giat pengamanan sampah bersama JGS. Untuk perlengkapan sarung tangan dan trashbag akan menyusuri area pedestrian Malioboro dari sisi utara menuju selatan untuk memungut sampah yang tidak pada tempatnya.

Baca Juga : 

Komunitas Spedagi-Mata Air 'Sulap' Tempat Sampah Menjadi Taman Bermain
Lukis Tong Sampah, Seniman Brazil Ajak Peduli Lingkungan

Bagi yang ingin menjadi relawan, tidak ada syarat khusus. Termasuk pakaian yang harus dikenakan. “Pakaian senyamannya saja, meskipun pukul 9 malam kami baru mulai briefing dan melakukan pembersihan sampai kurang lebih pukul 1 dinihari, tetapi kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin terlibat agar datang sejak pukul 6 petang sehingga tidak terjebak kemacetan dan masih mendapatkan tempat parkir,” imbuhnya.

Bekti pun berharap pada giat pengamanan sampah tahun ini masyarakat yang melihat aksi relawan dalam memungut sampah juga tergugah kesadarannya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Setidaknya dengan membuang sampah pada tempatnya atau menyimpan dahulu sampahnya ketika tidak menemui tempat pembuangan di sekitarnya.

“Harapannya siapapun yang melihat aksi kita bisa lebih tergugah untuk menjaga kebersihan lingkungan, kapanpun dan dimanapun itu,” tegasnya.

Informasi lebih lanjut mengenai giat pengamanan sampah tahun baru JGS dapat dilihat di facebook Jogja Garuk Sampah, Instagram dan twitter @garuksampah atau menghubungi jgs hotline di nomor WhatsApp 0877-3833-2333. (MG-10)