Mainkan Gamelan dan Wayang, Begini Aksi Siswa SD London

Siswa-siswi Tollgate Primary School, London, saat memainkan gamelan dan wayang. (KBRI London)

Siswa-siswi Tollgate Primary School, London, dengan antusias satu persatu memasuki aula mengambil posisi pada instrumen gamelan yang sudah disusun. Sementara yang lainnya langsung menuju ke balik layar yang diterangi oleh lampu dari belakang.

Mereka tengah bersiap-siap menampilkan pertunjukan wayang dengan iringan gamelan. Teman-teman mereka dan para orang tua yang telah menempati area penonton, tidak kalah antusiasnya untuk menyaksikan hasil latihan selama lima hari di sekolah tersebut.

Dalam rilis media KBRI London yang diterima KRJOGJA.com pada 18 Desember 2017, disebutkan bahwa dua siswa maju ke depan dan bertindak sebagai narator, sementara sejumlah siswa lainnya memainkan gamelan dan memainkan wayang dari balik layar.

Aris Daryono, sang pengajar, memberi tanda dengan menabuh gendang diikuti dengan permainan gamelan anak-anak yang begitu apik dan harmonis.

Dua orang siswa kemudian secara bergiliran menarasikan cerita yang menggambarkan seorang raja yang berkeliling Indonesia bertemu dengan berbagai fauna khas Indonesia seperti komodo, orang utan, kerbau, macan sumatera dan burung cendrawasih.

Cerita yang disampaikan narator dengan gerakan wayang oleh dalang yang tidak tampak dari balik layar yang diiringi permainan gamelan, tampak begitu serasi. Sambutan tepuk tangan para orang tua tidak bisa menutupi kebahagiaan dan kebanggaan melihat anak-anaknya London itu dapat memainkan gamelan dan wayang.(*)

 

Tulis Komentar Anda