Hiburan Editor : Danar Widiyanto Senin, 08 Agustus 2016 / 08:10 WIB

Ratu Sikumbang Telurkan 19 Album

MESKI dilahirkan di Serang Banten 22 tahun lalu, penyanyi Ratu Sikumbang mahir dan pasih sekali melantunkan lagu-lagu berlirik Minangkabau. Mungkin itu bisa terjadi, karena orangtua (ortu) Ratu berasal dari Minang yaitu pasangan Zas Yannesos dan Resmember.

Sejak terjun di dunia tarik suara, Ratu Sikumbang hingga kini telah menelurkan 19 album, beberapa di antaranya sudah ada video clip, album remix dan sebagian besar lagu-lagunya telah diunggah di Youtube. Dan satu singelnya I Love You berlirik bahasa Indonesia.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Bagi orang Minangkabau yang merantau di Yogyakarta kehadiran Ratu Sikumbang dalam acara Halal Bi Halal Ikatan Keluarga Besar Minangkabau (IKBMY) di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri (Eks Gedung Purna Budaya) UGM Yogyakarta, Sabtu (6/8/2016) lalu menambah riuh dan semaraknya acara yang dihadiri pula Dirut KR dr Gun Nugroho Samawi, sesepuh Minang di Yogyakarta yaitu Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Syafi'i Maarif dan Rachmat Ali. Ya, suasananya terasa berada di kampung halaman, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), karena dihadiri hampir ribuan orang Minang di Yogyakarta.

Penonton yang memadati gedung Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri semakin malam makin bertambah banyak, karena adanya penyanyi Ratu Sikumbang yang besar di Jakarta datang khusus ke acara Halal Bi Halal IKBMY. Sejumlah lagu berlirik minang yang ada di album yang sudah dilempar ke pasaran ikut didendangkan Ratu Sikumbang.  

Dalam penampilannya itu, Ratu Sikumbang yang bergelar Sarjana Hukum (SH) alumni STHI Jakarta 2016 itu, sudah tidak canggung lagi di atas panggung meski baru pertama kali nyanyi di depan masyarakat Minang di Yogyakarta, bahkan ia turun panggung mengajak penonton menyanyi dan melakukan selfie bersama baik orang tua maupun kaum remaja.

"Selain melanjutkan hobi nyanyi sehabis kuliah dan bergelar SH, saya terus menekuni dunia lain, buka usaha butik, kafe dan les privat di Padang. Dari 19 album yang sudah saya rilis, lagu yang paling hit dan disukai banyak penggemar adalah lagu Takicuak Dinan Tarang (Tertipu di siang hari)," ujar Ratu Sikumbang, yang dalam acara Halal Bi Halal IKBMY di Yogyakarta juga berduet dengan adiknya Dafa Sikumbang. (Rar)