Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 19 November 2017 / 12:36 WIB

Menpora Usulkan Hari Bersepeda Nasional

SRAGEN, KRJOGJA.com - Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan mengusulkan ke Presiden Jokowi untuk menetapkan Hari Bersepeda Nasional. Usulan itu memfasilitasi aspirasi pegiat, pecinta, komunitas sepeda dari seluruh Indonesia yang berkumpul di Stadion Taruna Sragen mengikuti Gowes Pesona Nusantara, Minggu (19/11/2017).

Menpora Imam Nahrawi yang ikut gowes mengapresiasi usulan dari komunitas sepeda dari seluruh Indonesia yang mengikrarkan hari bersepeda nasional dan siap mengusulkan ke Presiden. "Kami segera sampaikan ke Presiden Jokowi usulan hari bersepeda nasional ini. Diharapkan dari Sragen ini bisa menumbuhkan sebuah gerakan yang mampu menggairahkan masyarakat menggunakan sepeda," ujarnya.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Menurut Imam, usulan hari bersepeda nasional ini juga tidak lepas dari kebiasaan Presiden Jokowi yang selalu memberikan hadiah sepeda kepada masyarakat. Secara tidak langsung, Presiden sudah memberikan contoh kepada masyarakat untuk selalu bersepeda dalam beraktivitas.

Imam berharap pemerintah daerah di seluruh Indonesia bisa mendukung gerakan bersepeda ini dengan menerbitkan peraturan untuk pegawai agar berangkat kantor naik sepeda. "Nantinya kami berharap semua bupati, dimulai dari Bupati Sragen untuk menerbitkan aturan agar semua pegawai (PNS) berangkat dan pulang kantor naik sepeda minimal sabtu minggu sekali," jelasnya.

Dalam acara tersebut, Menpora juga ikut gowes bersama ribuan warga Sragen dengan menempuh jarak sejauh 10 kilometer. Turut hadir pula Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati serta seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimpda) setempat.

Bupati Yuni mengaku siap menindaklanjuti permintaan Menpora untuk membuat aturan bersepeda bagi pegawai di jajaran Pemkab Sragen tersebut. Paling lambat, awal 2018 mendatang, akan diterbitkan aturan bersepeda bagi seluruh pegawai. "Nantinya setiap hari Jumat, seluruh PNS harus berangkat dan pulang ke kantor naik sepeda. Tentunya jarak tempuh bersepeda bisa disesuaikan. Kalau yang rumahnya jauh, bisa menyesuaikan bagaimana baiknya, yang penting ke kantor tetap bersepeda," tandasnya.

Yuni mendukung langkah Menpora yang akan mengusulkan hari nasional tersebut. Selain sudah menjadi kebutuhan kesehatan masyarakat, komunitas bersepeda saat ini sudah tumbuh subur dan harus difasilitasi pemerintah. "Sepeda itu olahraga yang murah dan menyehatkan. Makanya pemerintah harus menyiapkan segala infrastruktur agar masyarakat aman dan nyaman bersepeda di jalan," tambahnya.(Sam)