Jateng Editor : Agus Sigit Senin, 11 September 2017 / 13:34 WIB

Pilkada Temanggung Calon Perseorangan Wajib Modal 43.460 KTP-Elektronik

TEMANGGUNG (KRJOGJA.COM) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung mempertanyakan ketentuan larangan penyelenggara dan pegawai sekretariat pemilihan umum dalam mendukung calon perseorangan pada pilkada. Pasalnya, verifikasi syarat dukungan calon perseorang dilakukan sebelum terbentuk penyelenggara pemilu seperti KPPS dan PPL.

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung dari Divisi Tehnis, Ari Murti Hendro Wardani, mengatakan tidak bisa diketahui dari awal awal bahwa seseorang itu akan menjadi penyelenggara pemilihan yang dalam hal ini Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) atau Pengawas Pemilu Lapangan (PPL).  

" KPPS dan PPL dibentuk sekitar April 2018, sedangkan verifikasi syarat dukungan calon perseorang pada pilkada dilakukan Desember 2017," katanya, Senin (11/9).

Maka itu, terang dia, pihaknya akan mempertanyakan pada KPU Provinsi dan KPU Pusat mengenai aturan tersebut. Jangan sampai aturan tersebut membelenggu seseorang untuk mendukung calon perseorangan pada Pilkada.  

Dia menyampaikan sesuai Peraturan KPU nomor 3 tahun 2017, pada Bab XII Ketentuan lain-lain di pasal 95 menyebutkan melarang TNI, POLRI, PNS, perangkat desa, penyelenggara pemilu dari KPU dan Bawaslu, hingga tingkat Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) atau Pengawas Pemilu Lapangan (PPL), serta staf sekretariat penyelenggara pemilu untuk mendukung calon perseorang.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Sudjatmiko mengatakan calon perseorang pada pilkada 2018 harus mendapatkan dukungan sebanyak 43.460 orang yang dibuktikan dengan fotokopi KTP elektronik. Jumlah itu sesuai aturan yakni 57,5 persen dari jumlah pemilih pada pemilu sebelumnya, atau pilpres 2014.  

Paling lambat syarat dukungan itu, terangnya diterima KPU pada 8 Desember yang selanjutnya akan dilakukan verifikasi oleh PPS pada 12 Desember sampai 25 Desember 2017. " Rekapitulasi dukungan ditingkat kabupaten dan pengumuman lolos atau tidak pada 31 Desember 2017," katanya.

Disampaikan untuk pengumuman pendaftaran pasangan calon pada 1 Januari sedangkan pendaftaran pasangan calon pada 8 hingga 10 Januari 2018. 

Dia mengatakan untuk calon yang diusung parati politik minimal mendapatkan 20 persen dari kursi di DPRD atau 9 kursi sedangkan untuk dukungan suara non kursi yakni sebanyak 25 persen dari suara sah atau sebanyak 468.748 suara. " Untuk di Temanggung harus mendapat 117.187 suara," katanya. (Osy)