Gaya Hidup Agregasi    Sabtu, 29 Juli 2017 / 01:13 WIB

Ini Dia Karier yang Bakal Eksis di Tahun 2020, Apa Saja Ya?

JAKARTA (KRjogja.com) - Perkembangan teknologi yang pesat, perubahan iklim, dan tren robotika menjadi tantangan baru dalam mengejar karier ke depan. Selain itu, sumber daya alam dan energi terbarukan sedang dikembangkan di berbagai tempat di belahan dunia ini.

Masih banyak tantangan di depan mata Anda untuk memulai karier yang tepat di tengah kondisi lapangan industri. Nah, bagi Anda yang baru saja mulai perjalanan karier, sejumlah ramalan prospek karier menarik hadir untuk dijadikan pertimbangan.

Inilah yang para ahli prediksikan tentang profesi yang paling laku di tahun 2020 nanti. Apa saja? Berikut uraiannya seperti dilansir dari Top Universities.

Pakar Keamanan Cyber

Perang di dunia cyber akan menjadi teror baru belakangan ini. Serangan cyber diperkirakan mendapat aliran dana melebihi 1 miliar dolar per tahun di Australia. Kemungkinan, tahun 2020, profesi paling dicari adalah pakar keamanan di dunia cyber. Sebab dalam lima tahun terakhir, profesi ini tumbuh sebesar 21,4 persen.

Permintaan ini jauh melebihi pasokan di berbagai industri seperti teknologi, hiburan, telekomunikasi, perbankan, keuangan dan akuntansi. Ini artinya keamanan cyber membuka pintu sebagai karier yang menjanjikan di masa depan.

Matematika

Di posisi kedua, karier yang mungkin akan tumbuh signifikan ada di bidang matematika. Pasalnya, permintaan profesional di bidang akutansi dan keuangan sedang meroket hingga 44 persen dan akan tumbuh sebesar 22 persen pada 2020.

Sementara permintaan untuk aktuaris, matematikawan, dan ahli statistik akan meningkat hampir 10 persen pada 2020 mendatang.

Kesehatan

Karier di bidang kesehatan kini sangat moncer. Jadi, jangan heran apabila sekolah-sekolah kesehatan hingga akademi keperawatan kian laku saja. Sebab diperkirakan akan ada sebanyak 40 persen lebih profesional di bidang kesehatan dan layanan masyarakat dibutuhkan pada tahun 2020.

Media dan Industri kreatif

Selain kesehatan, media dan industri kreatif juga kini tengah cemerlang. Hal itu ditunjukkan pada permintaan profesional di bidang industri kreatif, media, dan pemasaran yang tumbuh sekira 15 persen pada 2020.

Insinyur, Pengacara, dan Guru

Dunia masih memerlukan insinyur, pengacara, dan guru. Jadi apapun zamannya, dunia masih membutuhkan orang-orang yang ahli di bidang di atas. Dan profesi tersebut pasti laku di zaman apapun. Buktinya, sebanyak 22 persen insinyur dibutuhkan pada 2020. Sedangkan untuk profesi pengacara akan tumbuh sebesar 17,6 persen. Bahkan, untuk profesi guru, khususnya bagi pendidikan anak usia dini akan meningkat sebesar 27 persen. (*)