TNI AL Bantah Tembaki Kapal Vietnam di Laut China Selatan

Ilustrasi. (Foto : Dok)

JAKARTA, KRJOGJA.com - Angkatan Laut Indonesia membantah pihaknya telah menembaki dan melukai empat nelayan Vietnam yang sedang berlayar di Laut China Selatan pada Minggu pekan lalu. Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Kolonel Gig Sipasulta mengatakan patroli aparatnya saat itu hanya mencegat dua kapal nelayan asal Vietnam yang dicurigai melakukan aktivitas mencari ikan di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, tepatnya di sebelah utara Natuna.

Tim patroli Angkatan Laut Indonesia, tuturnya, hanya melontarkan tembakan peringatan ke udara untuk mengusir mereka. "Dengan demikian, tidak ada kebenaran atas pernyataan Vietnam. Angkatan Laut selalu mengambil langkah yang diperlukan sesuai protokol yang ada," tutur Gig.

Komentar itu dilontarkan Gig menanggapi klaim Hanoi yang menyebut Angkatan Laut Indonesia menembaki dan melukai empat nelayan asal Vietnam yang tengah berlayar sejauh 132 mil laut atau 245 kilometer di tenggara pulau Con Dao. "Dua nelayan terluka serius dan telah dibawa ke rumah sakit di distrik Con Dao. Keadaan mereka membaik," kata anggota komite SAR provinsi, Binh Dinh. (*)

Tulis Komentar Anda