Wikan Sakarinto Rela Terbangun Tiap Malam Demi Jadi Admin Twitter

Wikan Sakarinto meresmikan fasilitas di Sekolah Vokasi UGM

JIKA fakultas lain telah menerima banyak bantuan dari pemerintah maupun mitra sponsor, berbeda dengan Sekolah Vokasi UGM. Semuanya dimulai dari nol, termasuk dalam hal pengadaan furniture perlengkapan kuliah.

Tantangan tersebut tak membuat Wikan Sakarinto dan SV UGM menyerah. Direktur vokasi yang kemudian berlanjut estafet kepada M Arrofiq PhD, lalu Hotma Prawoto MT, memberi amanah kepada Wikan menjadi Wakil Direktur (Wadir) Bidang Akademik dan Kemahasiswaan SV UGM. Ragam gebrakan muncul dari kepercayaan yang diamanahkan padanya pada Juli 2012 tersebut.

Jika para pejabat kampus yang baru dilantik kerap menandai masa jabatannya dengan gebrakan kebijakan, Wikan tidak hanya melakukan itu. Hal monumental yang ia lakukan di hari pertama menjadi wakil direktur adalah membuka handphone, lalu mendaftarkan email baru untuk vokasi. Tak lama, akun twitter vokasi UGM (@SV_UGM) mengudara dan menjadi gaya baru publikasi dunia akademik pada khalayak umum.

"Waktu itu saya sendiri yang jadi adminnya. Tiap malam medsosan begitu. Waktu itu masih jarang lho kampus medsosan," ungkapnya.

Dengan pembawaan jiwa muda dan keakraban yang kerap ia tunjukkan pada mahasiswa, ia bisa begitu luwes bercakap-cakap di Twitter. Nyaris tiap malam, ia aktif menginfokan lewat twitter apa-apa saja yang ada di Vokasi UGM dengan bahasa anak muda. Termasuk, meminta follow back dari akun-akun lain guna menambah jangkauan tweet, melontarkan meme dan humor, serta menanggapi mention pertanyaan masyarakat atau aspirasi mahasiswa.

"Dan waktu itu semua saya promosi bangun dari nol. Karena waktu itu, saya belum punya tim humas untuk media sosial," kenangnya bangga. Kini, media sosial Vokasi menjadi salah satu akun yang paling banyak diikuti se-UGM. Jumlah engagement atas masing-masing posting pun tinggi akibat responsifitas tim Humas serta keluaran konten yang tetap dipertahankan merangkul anak muda.

Berbasis pada misi membangkitkan kembali kepercayaan diri dan repurtasi SV, Wikan juga muncul dengan aturan tegas kepada mahasiswa di bidang akademik. Dengan punishment yang ketat dan diterapkan secara penuh, sembari memberikan reward pada mereka yang berprestasi.

Jika pada 2012 Vokasi UGM hanya mengirimkan lima mahasiswa ke luar negeri, 2014 dengan kerjasama yang terus dilangsungkan, Wikan bisa mengirim 200 mahasiswa sekaligus.

"Zaman saya, saya dobrak anak-anak yang punya berprestasi dan menonjol, untuk dikirim ke Jepang, China, lalu korea. Juga menghasilkan magang di Jerman dan Jepang. Magang bekerja dan mereka dibayar," katanya.

Di bidang promosi, Wikan menganggarkan setengah miliar di tahun pertama hanya untuk mengenalkan Vokasi pada khalayak masyarakat. Segala channel publikasi jadi sarananya berkomunikasi dengan masyarakat.

Mulai dari beriklan di media massa dan radio, menggelar roadmap dengan mengirimkan mahasiswa dan dosen mudik ke penjuru Indonesia, serta melalui online dan jejaring sosial. Bahkan, Wikan mengaku pada mulanya mengoperasikan sendiri media sosial tersebut di awal kepemimpinannya sebagai wakil direktur.

Pembinaan prestasi juga dirintisnya lewat pembentukan UKM Fakultas dan pembinaan prestasi secara kontinu. Satu persatu prestasi kemudian ia petik dari hasil kerja keras. Juara pekan olahraga dan seni tingkat universitas (Porsenigama UGM), hingga Juara Robotik tingkat dunia di Amerika Serikat.  Semua prestasi itu membuat minat atas Vokasi UGM terkerek, dari 6.800 peminat pada 2012, menjadi 21.700 pada 2015.

"Jupenya (Jumlah pendaftar) meningkat Tiga kali lipat lebih!" ungkapnya. Namun semua prestasi itu, tak lantas membuatnya mudah mengelola SV UGM. Ia ingat 2 Mei 2016 justru memberinya cobaan dalam bentuk demonstrasi mahasiswa yang kembali menghajar UGM. (Ilham Dary Athalah)

Tak lama, semua jurusan D3 di Vokasi juga harus dirombak total berganti nama. Termasuk jurusannya Teknik Mesin yang dipastikan akan hilang dalam regulasi baru pemerintah tersebut. Simak kisahnya mengarungi ombak hingga menahkodai Vokasi UGM, disini.

 

Tulis Komentar Anda