Peneliti Kembangkan Virus Zika untuk Matikan Sel Kanker

Ilustrasi. (Foto : Dok)

INGGRIS, KRJOGJA.com - Para peneliti di Inggris berencana memanfaatkan virus Zika untuk membunuh sel tumor otak dalam beberapa eksperimen yang mereka anggap dapat menjadi cara terbaru dalam melawan tipe kanker yang agresif.

Seperti yang dilansir oleh Reuter, penelitian akan berfokus pada glioblastoma, bentuk paling umum dari sel kanker yang menyerang otak, dimana tingkat kelangsungan hidup penderita hingga 5 tahun tidak mencapai 5 persen.

Zika menyebabkan kecacatan parah pada bayi dengan menyerang sel inti dalam otak, tetapi pada dewasa dimana otak telah terbentuk sempurna, virus ini menyebabkan orang alami gejala ringan flu.

Dalam glioblastoma, sel kanker mirip dengan dengan sel yang sedang berkembang dalam otak, sehingga virus dapat digunakan untuk menarget sel kanker ini, sekaligus menyelamatkan jaringan otak orang dewasa normal. Para ahli menyebutkan jika perawatan yang sudah ada telah diberikan dosis rendah untuk menghindari rusaknya jaringan yang sehat.

Penelitian ini dipimpin oleh Harry Bulstrode dari Universitas Cambridge akan menggunakan sel tumor dalam lab dan tikus untuk mengembangkan potensi Zika. Virus yang lahir dari nyamuk ini telah menyebar ke lebih dari 60 negara dan teritori dunia dimana pertama penyebarannya diidentifikasikan di Brasil pada 2015. (*)

 

Tulis Komentar Anda