Turki Minta Dunia Barat tak Dukung Kurdi

Ilustrasi. (Foto : Dok)

TURKI, KRJOGJA.com - Turki meminta utusan khusus AS untuk koalisi memerangi ISIS segera diganti karena mendukung sayap militer Partai Kurdi, kelompok Unit Perlindungan Kurdi Suriah (YPG). Kelompok ini ikut memerangi ISIS dan pasukan Assad di Suriah.

Turki mengancam akan melakukan aksi sepihak jika milisi Kurdi (YPG) di Suriah menyerang mereka. AS sendiri selama ini menganggap kelompok Kurdi sebagai sekutu yang bisa diandalkan untuk memerangi ISIS.

Setidaknya, sejak perang melawan ISIS diluncurkan pada 2014 lalu, tentara Kurdi berhasil memukul tentara ISIS dari kawasan Kobani, dekat perbatasan Suriah-Turki. Adapun ancaman Turki yang akan melakukan aksi unilateral tersebut dilontarkan dua hari setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan bertemu Donald Trump di Gedung Putih.

Di sela-sela pertemuan tersebut, sejumlah warga Kurdi yang menetap di AS menggelar unjuk rasa yang ditujukan untuk Erdogan. Sempat terjadi kericuhan kecil lantaran pasukan Erdogan memukul sejumlah warga Kurdi yang memrotes kebijakan Erdogan terhadap warga Kurdi.

Hubungan suku Kurdi dan Turki selama ini tak pernah harmonis karena Turki menolak Kurdi mendirikan negara sendiri. Akibatnya pemberontakan kelompok Kurdi terus terjadi. (*)

Tulis Komentar Anda