Kelomtan Gisik Pranaji Panen Raya Cabai di Lahan Pantai

Bupati Kulonprogo terpilih dr Hasto (bertopi) dan anggota DPRD setempat Edi Priyono (dua kiri) serta Kepala Kantor BI DIY Budi Hanoto (empat kanan) menunjukkan cabai yang mereka petik. (Foto: Asrul S)

PANJATAN, KRJOGJA.com - Bank Indonesia (BI) selalu konsen memberikan perhatian terhadap harga produk pertanian yang berpotensi mengalami naik turun secara cepat, sehingga inflasi bisa ditekan. Prisipnya pendapatan petani harus bagus dan masyarakat konsumen tidak mengeluh karena tingginya harga komuditas hasil pertanian.

"Keseimbangan tersebut harus terus dijaga agar tidak terjadi gejolak. BI selalu berkomitmen memberikan bantuan dan pendampingan kepada kelompok tani sehingga hasil dan harga produksi pertanian selalu bagus," kata Kepala Kantor Perwakilan BI DIY, Budi Hanoto disela Panen Raya Cabai yang diadakan Kelompok Tani Gisik Pranaji di Lahan Pantai Pedukuhan II Desa Bugel, Panjatan, Jumat (19/5/2017).

Selain Budi Hanoto, panen raya juga dihadiri Bupati terpilih Kulonprogo 2017-2022 dr H Hasto Wardoyo, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan drh Rr Endang Purwaningrum Titi Lestari, Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (FPDI) Perjuangan DPRD Kuloprogo Edi Priyono SIP, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan setempat Bambang Tri.

Sementara itu dr Hasto menyampaikan terima kasih kepada manajemen BI yang telah banyak mendukung kegiatan masyarakat petani. Khusus terhadap peruntukan kawasan Pantai Bugel, dr Hasto yang akan dilantik Senin (22/5) di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kepatihan menegaskan, dirinya mendukung kawasan pesisir tersebut untuk pertanian khususnya cabai.

"Kalau bisa varietasnya diperbanyak tidak hanya cabai," terangnya.

Menyingung inflasi harga daging sapi import, dr Hasto Wardoyo menegaskan untuk masyarakat Kulonprogo tidak begitu berdampak. Karena melalui Program Bela Beli Kulonprogo, masyarakat bisa meningkatkan konsumsi ikan air tawar maupun ikan laut sebagai penganti daging sapi.

"Sudah saatnya kita melakukan konversi daging ke ikan, selain mampu meningkatkan kecerdasan anak-anak dan generasi muda juga baik untuk kesehatan di kalangan para orang tua. Daging ikan yang mengandung Omega-3 dan DHA sangat baik untuk kecerdasan sedangkan daging mengandung lemak jenuh yang dapat menimbulkan stroke. Karena itu dari pada uang kita lari ke Australia untuk membeli daging impor mendingan beli ikan lele tetangga selain murah juga baik untuk kesehatan dan kecerdasan," tuturnya.

Anggota DPRD Edi Priyono mengatakan, selama ini masyarakat Kulonprogo khususnya Desa Bugel telah merasakan manfaat program pembangunan yang dilaksanakan pasangan Bupati-Wabup dr Hasto-Sutedjo. "Ke depan kami berharap program-program bersentuhan langsung baik berupa pemberdayaan maupun bantuan-bantuan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat lebih ditingkatkan lagi," harapnya.

Rr Endang Purwaningrum mengimbau masyarakat petani memanfaatkan pasar lelang cabai yang tersebar di seluruh kawasan pesisir selatan Kulonprogo. Keberadaan pasar lelang sangat membantu petani dan konsumen, sehingga kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan.

"Keberadaan pasar lelang cabai untuk menghindari permainan harga oleh tengkulak. Selain itu supaya harga cabai di tingkat konsumen tidak terlalu tinggi," terangnya.(Rul)

 

Tulis Komentar Anda