Mbah Ponco 'Ziarah' Miliki Bakat Akting Alami

Foto: Dok

YOGYA. Krjogja.com – Film Ziarah besutan sutradara B.W. Purba Negara berhasil menarik minat publik lantaran meraih beberapa penghargaan, seperti Jury Special Award (AIFFA 2017), Best Scenario (AIFFA 2017), Best Film (Salamindanaw Film Festival Filipina 2016), dan skenario terbaik (majalah Tempo 2016). Namun siapa sangka dibalik kesuksesannya, ternyata film ini diperankan oleh seorang nenek berusia 95 tahun dan bukan berlatar belakang akting.

Pencarian aktor untuk film ini memang tidak mudah. Setelah mencari ke beberapa desa dan mengamati penduduk asli, sang co-produser, Bagus Suitrawan, dipertemukan ke mbah Ponco oleh pak Dukuh diwilayah Gunungkidul. “Nek simbahku wae pie?” cerita Bagus saat mengenang pertemuan pertamanya dengan mbah Ponco (pemeran mbah Sri).

Pada pertemuan kedua, Bagus menemukan bakat keaktoran mbah Ponco. “Mbah digigit kalajengking. Tapi karakternya ingin selalu menyenangkan orang. Beliau sanggup menahan rasa sakit dan melayani kami yang bertamu. Sutradara memutuskan inilah bakat keaktoran. Sanggup menipu diri, “ cerita Bagus Suitrawan dalam konferensi pers dan nonton bareng film Ziarah di Empire XXI, Kamis (18/05/2017).

Kenangan pun terus bergulir pada pertemuan selanjutnya. “Rasanya beliau yang membujuk kami untuk berproses bersama dia. Waktu di rumah sakit beliau bilang kalimat yang tidak pernah saya lupa. ‘Aku meh main film, meh difoto. Nek sesuk putuku do takon aku deloken ning film kui. Nek aku wis raono deloken film kui, critakno’ (aku mau main film. Kalau besok cucuku tanya, tonton film itu. Kalau aku sudah tidak ada, tonton film itu, critakan)” ujar Bagus yang hadir bersama B.W. Purba Negara dan Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos. (MG 19)

Tulis Komentar Anda