Kiriman Uang TKI Turun Rp 1,07 Triliun

Istimewa

JAKARTA, KRJOGJA.com - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan remitansi atau pengiriman uang dari dalam atau ke luar negeri di Indonesia mengalami penurunan. Pada kuartal I-2017, penerimaan secondary income tercatat USD800 juta atau setara Rp1,07 triliun (kurs Rp13.407 per USD).

Deputi Direktur Departemen Statistik Bank Indonesia (BI) Tutuk S Cahyono mengatakan, jumlah tersebut menurun dibandingkan periode kuartal I 2016 sebesar USD1,3 miliar. Penurunan terjadi akibat adanya pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke sejumlah negara di Timur Tengah.

"Moratorium pengiriman TKI itu memang berdampak ke remitansi, jadi yang masuk berkurang," ungkapnya dalam acara diskusi Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) di Gedung BI, Jumat (19/5/2017). 

Menurutnya, selain faktor tersebut, krisis keuangan yang sedang terjadi juga turut memengaruhi penurunan pemasukan uang ke Indonesia. Di mana kondisi perekonomian dan keuangan di negara tempat TKI berada sedang melemah. "Ini juga karena banyak tenaga kerja asing (TKA) yang bekerja di Indonesia lebih banyak mengirimkan uang ke negara asalnya," tukasnya. (*)

Tulis Komentar Anda