Penasaran Akting Mbah Ponco? Film Ziarah Udah Tayang Lo..

Foto: Dok

YOGYA. Krjogja.com – Film Ziarah yang dinanti publik tayang perdana di bioskop pada 18 Mei 2017. Film ini booming lantaran meraih beberapa penghargaan internasional dan diperankan oleh masyarakat asli Gunung Kidul. Pemeran utamanya sendiri, Mbah Ponco telah berusia 95 tahun.

Dalam proses syutingnya, B.W. Purba Negara mengaku sangat santai dan tidak menghabiskan banyak waktu seperti film pada umumnya. Lantaran dalam prosesnya selalu memperhatikan kesehatan dan kenyamanan Mbah Ponco. “Saya suka tantangannya. Saya tau itu sulit makanya kami imenggunakan beberapa metode,” ujarnya selaku sutradara dalam konferensi pers dan nonton bareng film Ziarah di Empire XXI, Kamis (18/05/2017).

BW. Purba Negara pun menceritakan beberapa metode yang ia terapkan. “Metode meniru. Naskah saya bacakan kemudian ditirukan. Metode ini sukses untuk dialog pendek. Untuk dialog panjang, beliau memang suka bercerita. Maka saya dongengkan dulu dengan kata-kata sendiri dan diulang terus. Setelah lancar baru ditemukan dengan lawan mainnya. Yang terakhir baru melatih detail, ekspresi, dll” ujarnya yang hadir bersama kelompok tani dan Bupati Gunung Kidul, Hj. Badingah, S.Sos.

Untuk waktu syutingnya sendiri pagi hari hanya sampai jam 10 lalu dilanjut sore hingga sekitar jam 4. Untuk adegan malam dimulai sejak sore dan siang hari hanya take untuk adegan di dalam rumah. “Mbah tidak dibiarkan tersengat matahari dan tidak ada kesulitan karena kami menyesuaikan,” tambah Bagus Suitrawan selaku Co-Produser. (MG 19)

Tulis Komentar Anda